5 Cara Membangun Kepercayaan Diri, Dijamin Tidak Minder Lagi

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401844 5-cara-membangun-kepercayaan-diri-dijamin-tidak-minder-lagi-m97c1kakQo.jpg Ilustrasi percaya diri. (Foto: Katemangostar/Freepik)

KEPERCAYAAN diri merupakan hal yang sulit dibangun. Sebab jika meningkatkan kepercayaan diri maka mengubah sifat-sifat yang ada dalam diri.

Tapi ternyata ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya tidak minder lagi. Seperti dikutip dari laman Reachout, Rabu (28/4/2021), berikut tiga langkah membangun kepercayaan diri.

Baca juga: Ini Cara Percaya Diri Bicara Bahasa Inggris ala Xaviera Putri 

1. Lihat apa yang telah dicapai

Anda akan mudah kehilangan kepercayaan diri jika belum mencapai apa pun. Buat daftar semua hal yang Anda banggakan dalam hidup, apakah itu mendapatkan nilai bagus dalam ujian atau belajar berselancar.

Simpan daftarnya dekat Anda dan tambahkan ke dalamnya setiap kali melakukan sesuatu yang dibanggakan. Jika rasa percaya diri Anda rendah, keluarkan daftar itu dan gunakan untuk mengingatkan diri sendiri tentang semua hal mengagumkan yang telah Anda lakukan.

Ilustrasi percaya diri. (Foto: Pressfoto/Freepik)

2. Kembangkan bakat

Setiap orang memiliki kekuatan dan bakat. Apa yang kamu miliki? Mengenali keahlian dan mencoba mengembangkannya akan membantu membangun kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri.

Baca juga: 5 Tips agar Anak Jadi Percaya Diri dan Tak Minder 

3. Tetapkan beberapa tujuan

Tetapkan beberapa tujuan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapainya. Tujuannya tidak harus besar, bisa berupa hal-hal seperti membuat kue atau merencanakan malam bersama teman-teman. Tentukan beberapa pencapaian kecil yang dapat Anda tandai dari daftar untuk membantu mendapatkan kepercayaan pada kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Bicara dengan diri sendiri

Anda tidak akan pernah merasa percaya diri jika ada pikiran negatif di benak yang mengatakan bahwa Anda tidak baik. Bicara dengan diri sendiri dan bagaimana hal itu memengaruhi kepercayaan diri. Perlakukan diri Anda seperti teman baik dan beri dukungan.

Baca juga: Yuk Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Memasak 

5. Melatih minat

Cobalah untuk menemukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Bisa fotografi, olahraga, merajut, atau apa pun. Ketika telah melatih minat Anda, berkomitmenlah untuk mencobanya. Kemungkinannya adalah jika Anda tertarik atau bersemangat pada suatu aktivitas tertentu, kemungkinan besar akan termotivasi dan membangun keterampilan lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini