Ayam Kremes Kurma Sereal, Menu Buka Puasa yang Gurih dan Sehat

Widodo, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 298 2402099 ayam-kremes-kurma-sereal-menu-buka-puasa-yang-gurih-dan-sehat-nrpMW1PKqe.jpg Ilustrasi ayam kremes. (Foto: Instagram @mharjipes)

JIKA Anda menginginkan menu buka puasa yang berbeda, coba hidangan yang satu ini, yaitu ayam kremes kurma sereal. Makanan berbahan dasar daging ayam dan buah kurma ini selain sangat cocok untuk berbuka puasa, juga memiliki khasiat kesehatan, di antarannya mencegah diabetes, meningkatkan sistem pencernaan, dan menjaga berat badan.

Hidangan ini diberi nama ayam kremes kurma sereal karena bahan dasarnya terdiri dari daging ayam, cereal oath atau gandum, dan buah kurma. Ini salah satu menu unik khusus Ramadhan yang disediakan di sebuah rumah makan di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca juga: Daging Ayam vs Daging Sapi, Mana Lebih Sehat? 

Nah, jika Anda vegetarian atau penggemar menu sehat, bisa juga mencobanya di rumah untuk sajian buka puasa. Bahan dasar menu ini adalah daging ayam, sereal gandum, dan kurma. Sebagai pelengkap rasa ditambah bawang putih, telur, dan bumbu dapur lainnya.

Cara membuatnya:

1. Daging ayam dipotong kecil-kecil. Selanjutnya dimasukkan bawang putih, telur, tepung, dan bumbu dapur seperti garam serta gula. Kemudian aduk hingga bercampur rata, lalu digoreng.

2. Kemudian siapkan sereal gandum dan kurma yang dipotong tipis-tipis untuk dibuat taburan kremes. Diberi gula secukupnya. Kemudian dimasak menggunakan mentega. Setelah dirasa cukup matang, tuang sereal dan kurma di atas daging ayam dan ayam kremes kurma sereal siap disantap.

"Kandungan gizi dari bahan-bahannya seperti kurma mampu mencegah diabetes dan baik untuk pencernaan. Sedangkan sereal gandum baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung," jelas Sigit Ibud, pembuat ayam kremes kurma sereal.

Baca juga: Resep Ayam Kecap, Cocok Dicoba Mama Muda yang Belajar Masak 

Nah untuk bisa menikmati makanan sehat ini tidaklah mahal. Cukup mengeluarkan kocek Rp20 ribu, sudah termasuk nasi putih.

Bagi Anda yang ingin menikmati lezatnya ayam kremes kurma sereal yang kaya manfaat dan kandungan gizi, silakan mampir ke Banjarnegara. Makanan ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa Anda dan keluarga.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini