Es Buto Ijo, Minuman Segar Khas Jawa Timur Pelepas Dahaga saat Berbuka Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 298 2402151 es-buto-ijo-minuman-segar-khas-jawa-timur-pelepas-dahaga-saat-berbuka-puasa-r8cMizg0AE.jpg Es buto ijo (Foto : Cookpad)

Selain takjil, masyarakat umumnya berburu minuman segar guna melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Seperti layaknya camilan atau takjil yang seringkali hanya ditemui saat Ramadhan, ada minuman segar khas Jawa Timur yang juga seringkali disantap saat berbuka puasa.

Ya, minuman segar khas Jawa Timur itu adalah es buto ijo. Jika mendengar kata buto ijo, mungkin yang Anda bayangkan adalah sosok raksasa hijau berbadan besar. Tapi, es buto ijo ini terlihat menggoda dan menyegarkan.

Es Buto Ijo

(Foto : Makanbanyak)

Es Buto Ijo merupakan sajian manis yang berasal dari Kediri. Es buto ijo ini sempat viral karena namanya yang memang aneh. Memang kadang kalau ada makanan dan minuman yang memiliki nama aneh akan viral dan diburu masyarakat.

Minuman ini disebut sebagai es buto ijo karena dengan isiannya yang didominasi oleh warna hijau. Minuman ini hadir dengan porsi besar dengan kacang hijau dan sirup melon.

Es Buto Ijo terbuat dari campuran serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, dan kacang hijau. Isian ini kemudian ditambahkan sirup melon, susu kental manis, dan es serut.

Baca Juga : 5 Gaya Cantik Vegen Acni, Mantan Istri Vincent Raditya Muncul Diduga Nyinyir: Seru Yah

Anda bisa mengambil wadah terlebih dahulu, lalu masukkan nata de coco, sagu mutiara, biji selasih dan kacang hijau sambil diaduk sampai merata. Kemudian masukkan daging kelapa yang sudah dikikis sambil diaduk kembali hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan sirup melon, susu kental manis, dan tambahkan es batu. Sajikan es buto ijo dalam mangkuk dan dalam keadaan dingin. Dijamin melegakan tenggorokan setelah seharian menahan haus.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini