Jangan Remehkan Menstruasi Tidak Teratur, Begini Cara Mencegahnya!

MNC Media, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 481 2401963 jangan-remehkan-menstruasi-tidak-teratur-begini-cara-mencegahnya-oanzG2J4tS.jpg Podcast Kata Dokter (Foto : MNC Media)

Pada tahu enggak sih Menoragia itu apa? Menoragia adalah kondisi saat menstruasi mengalami darah yang berlebihan, dan itu perlu diwaspadai. Karena menstruasi yang normal terjadi sekitar 2-8 hari, jika lebih dari itu perlu diwaspadai ya.

Nah, di podcast Kata Dokter kali ini, dr. Nadia Alaydrus akan berbincang seputar masalah yang sering terjadi pada wanita yaitu menstruasi yang tidak teratur, yang akan ditemani oleh dr. Mohammad Haekal, Sp.OG. Langsung saja deh dengerin di Podcast Kata Dokter di RCTI+.

Podcast Kata Dokter

Sebagai pembuka, dr. Haekal menjelaskan bahwa penyebab menstruasi yang tidak teratur itu bisa disebabkan dari stress, penyakit tiroid, hormon prolaktin yang meningkat, obesitas, dan bisa karena obat-obatan yang kita minum, hingga PCOS.

“Sebenarnya PCOS tuh apa sih?” tanya dr. Nadia. “PCOS kepanjangan dari Polycystic Ovarian Syndrome. PCOS merupakan kumpulan dari tiga gejala, yaitu menstruasi tidak teratur atau jarang menstruasi, hiperandrogen atau kelebihan hormon androgen, dan polycystic atau gejala yang menyerang indung telur” jawab dr. Haekal.

Dr. Nadia kembali bertanya pada dr. Haekal, “Terus kalau cara untuk mencegah PCOS ini ada gak dok?” Dr. Haekal menjawab, “Cara mencegahnya mungkin sejak dari dini, jadi jika memang kita di diagnosis oleh dokter sebagai wanita dengan PCOS, nah kita harus menyadari itu bahwa suatu hari jika kita hamil dan punya anak perempuan, mungkin gen bawaan itu akan jatuh ke anak-anak perempuan, itu point nomor satu. Point nomor dua, setelah menyadari itu dan dia hamil, dia harus menyadari bahwa konsumsi gula yang berlebihan akan mempunyai efek pada bayinya” jawab dr. Tirta.

Haid

Dr. Haekal juga menyampaikan bahwa “Jangan meremehkan menstruasi yang tidak teratur. Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan yang ahli mengenai menstruasi yang tidak teratur itu” kata dr. Haekal.

Nah kalau kalian penasaran mengenai menstruasi dan penyebab lainnya tentang PCOS, langsung aja dengarkan secara lebih detail hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus dan dr. Haekal eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3959 Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV,GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi,hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

Website: https://www.rctiplus.com/

Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.rctiplus.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini