Buat Pasien Hipertensi, Ini 6 Cara Efektif Jaga Tekanan Darah di Angka Normal

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 481 2402059 buat-pasien-hipertensi-ini-6-cara-efektif-jaga-tekanan-darah-di-angka-normal-5V8pCM43En.jpg Ilustrasi pasien hipertensi. (Foto: Freepik)

JIKA Anda didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka harus menjaga tekanannya dalam kondisi normal. Ini bertujuan membuat kesehatan tubuh tetap baik dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Tapi ternyata ada cara menjaga tekanan darah di angka normal. Apa saja caranya? Yuk disimak, seperti dirangkum dari laman Mayoclinic, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan 

1. Turunkan berat badan

Jika berat badan Anda berlebih, maka harus menurunkannya. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur. Hal ini juga dapat mengontrol tekanan darah.

Olahraga. (Foto: Gymnaholic)

2. Teratur olahraga

Rutian olahraga sekira 30 menit setiap hari dalam seminggu sangat bermanfaat. Olahraga bisa menurunkan tekanan darah 5 hingga 8 mm Hg. Olahraga harus dilakukan secara konsisten agar tekanan darah tidak naik lagi.

3. Makan makanan bergizi

Makanlah makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta kurangi lemak jenuh dan kolesterol. Ini dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 mm Hg.

Baca juga: Marah-Marah Sebabkan Hipertensi, Mitos atau Fakta? 

4. Kurangi konsumsi natrium

Kurangilah konsumsi natrium dalam makanan. Cara ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah 5 hingga 6 mm Hg. Lalu dapat dilakukan dengan tidak menambahkan garam berlebih pada makananmu.

5. Kurangi Konsumsi kafein

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg pada orang yang jarang mengonsumsinya. Tetapi orang yang minum kopi secara teratur mungkin mengalami sedikit atau tidak ada efek pada tekanan darahnya. Untuk mengetahui apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, periksa tekanan dalam waktu 30 menit setelah minum minuman berkafein.

Baca juga: Manfaat Makan Semangka untuk Kesehatan, Cegah Asma hingga Hipertensi 

6. Hindari stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satu caranya seperti hindari mencoba melakukan terlalu banyak dan belajar mengatakan tidak. Pahami ada beberapa hal yang tidak dapat diubah atau dikendalikan, tetapi Anda dapat berfokus pada cara bereaksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini