Selain Menambah Energi, Istirahat Cukup Juga Tingkatkan Kreativitas

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 481 2402229 selain-menambah-energi-istirahat-cukup-juga-tingkatkan-kreativitas-EA64GpkeQ9.jpg Ilustrasi istirahat. (Foto: Rawpixel/Freepik)

ISTIRAHAT sangat dibutuhkan semua orang. Hal ini terutama bagi mereka yang memiliki beban kerja berat dan penuh tekanan besar. Jika tidak cukup istirahat akan menimbulkan kecemasan, stres, atau gangguan kesehatan lainnya.

Istirahat bisa berupa olahraga, menonton film, atau tidur selama beberapa jam. Pilih yang terbaik untuk kebutuhan tubuh Anda.

Dikutip dari laman ucl.ac.uk, Rabu (28/4/2021), berikut lima manfaat jika cukup istirahat.

Baca juga: Terlalu Lama Tidur Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkah? 

1. Meningkatkan memori

Telah terbukti bahwa istirahat meningkatkan konsentrasi. Selain itu juga meningkatkan kemampuan memori dalam menghafal sesuatu yang baru.

Ilustrasi istirahat. (Foto: Kalegin Michail/Unsplash)

2. Berfungsi sebagai penambah energi

Seringkali tubuh terasa kehabisan energi ketika sedang bekerja atau menyelesaikan tugas. Istirahat dapat bermanfaat memulihkan kondisi tubuh. Tidur siang 10 sampai 20 menit bisa menjadi cara yang bagus untuk merasa segar kembali dan terus aktif.

Baca juga: Manfaat Berbuat Baik bagi Kesehatan 

3. Mengurangi stres

Kekhawatiran terus-menerus dapat menyebabkan stres kronis, dan cenderung menderita tingkat stres yang lebih tinggi. Ini dapat berdampak pada fisik dan mental. Istirahat dapat meredakan dan mengurangi tingkat stres tersebut.

4. Meningkatkan kesehatan

Istirahat dan tidur terbukti berdampak positif pada sistem kekebalan anda. Ini juga mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Karena itu, manfaatkan akhir pekan anda untuk berolahraga dan istirahat tidur.

Baca juga: 9 Tips Diet untuk Penderita Hipertensi 

5. Meningkatkan kinerja dan kreativitas

Sering kali mengalami kebuntuan dan kehabisan ide atau gagasan, cobalah istirahat dan lakukan sesuatu yang berbeda. Saat kembali bekerja, Anda akan mendapatkan beberapa ide baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini