4 Bahan Rumahan Ini Ampuh Obati Kulit dan Rambut Rusak Akibat Sinar Matahari

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 481 2402294 4-bahan-rumahan-ini-ampuh-obati-kulit-dan-rambut-rusak-akibat-sinar-matahari-VmPg1J9AW9.jpg Ilustrasi sinar matahari. (Foto: Shutterstock)

PAPARAN sinar matahari yang terlalu lama bisa menimbulkan efek penuaan dini pada kulit dan rambut wanita serta pria. Bahkan pada pancaran tingkat rendah, sinar UVA dari matahari memecah kolagen, dan menyebabkan keriput.

Penelitian telah menunjukkan bahwa UVA adalah penyebab utama banyak melanoma karena menjangkau jauh ke dalam struktur pendukung yang mendasari kulit.

Baca juga: Apakah Cukup Pakai Makeup dengan SPF untuk Lindungi dari Sinar Matahari? 

Dari hal-hal kecil seperti ruam, penyamakan kulit, dapat menyebabkan kerusakan parah seperti sengatan matahari, kerusakan DNA, dan bahkan kanker kulit. Karena itu, kulit dan rambut membutuhkan perlindungan dari sinar matahari.

Dilansir dari laman Times of India, Rabu (28/4/2021), ada beberapa bahan rumahan yang bisa dijadikan obat untuk mengurangi kerusakan kulit dan rambut akibat panas sinar matahari.

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan multitasking dan serbaguna yang wajib untuk musim panas. Apakah Anda pernah mengalami ruam akibat terbakar sinar matahari, luka sayat, gigitan serangga, atau iritasi kulit lainnya, lidah buaya dapat menenangkan dan mendinginkan kulit serta mengurangi rasa gatal.

Lidah buaya. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Sering Keluar Rumah Bikin Kulit Belang? Atasi Saja dengan Bahan Alami 

2. Cuka apel

Campur 1 sampai 2 sendok makan cuka apel dengan 3 gelas air. Tuangkan ke rambut Anda sebagai bilasan terakhir. Ini akan membuat rambut terasa lembut. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan jus dari 1/2 lemon, 2 sendok makan cuka apel, dan 1 cangkir air. Keramas dan bilas rambut seperti biasa, lalu tuangkan campuran tersebut ke rambut dan pijat ke kulit kepala. Bilas dengan air dingin.

3. Bedak tabur

Jika kulit kepala berminyak, taburi dengan bedak halus yang terbuat dari daun Margosa (neem) yang dikeringkan dan dihancurkan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gatal untuk sementara. Cara ini memiliki khasiat penyembuhan dan antimikroba yang kuat dan akan membantu menyerap kelebihan sebum, mengurangi rasa gatal dan mencegah infeksi.

Baca juga: Sinar Matahari Membunuh Virus, Efektifkah Berjemur untuk Perangi Covid-19? 

4. Minyak pohon teh

Jika ketombe kering, pijatkan beberapa tetes minyak pohon teh ke kulit kepala Anda setelah dicuci. Minyak pohon teh memiliki khasiat antijamur yang kuat, dengan demikian akan membantu melindungi dan melembapkan kulit kepala serta mencegah rasa gatal. Penting untuk diingat bahwa pengobatan rumah berketombe jenis ini dimaksudkan untuk mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh ketombe dan harus digunakan sebagai tambahan untuk metode pengobatan ketombe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini