9 Manfaat Luar Biasa Sarapan, Jangan Sampai Terlewat Ya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 481 2402483 9-manfaat-luar-biasa-sarapan-jangan-sampai-terlewat-ya-x1ZEwlkdWD.jpg Ilustrasi menu sarapan sehat. (Foto: Pexels/Pixabay)

SARAPAN sering dilupakan banyak orang, terutama oleh mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Padahal, melewatkan sarapan pagi justru akan meningkatkan risiko naiknya berat badan alias obesitas.

Sarapan pagi sering kali disebut sebagai waktu makan terpenting. Sebab selama tidur, tubuh berpuasa. Ketika pagi hari datang, tubuh membutuhkan asupan energi untuk mulai beraktivitas. Maka itu, kenali manfaat sarapan pagi untuk tubuh agar hari-hari Anda dapat dijalani dengan penuh energi.

Dikutip dari laman The Daily Meal, Rabu (28/4/2021), disarankan untuk selalu menyempatkan diri sarapan setiap hari. Pasalnya, sarapan pagi bisa memberikan beragam manfaat, yakni:

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Stop Kebiasaan Lewatkan Sarapan 

1. Kekuatan peningkat otak

Fakta bahwa anda memulai hari hanya dengan dua teguk kopi mungkin menjadi alasan anda tidak bisa fokus. Setelah puasa semalaman, otak anda membutuhkan suplai glukosa (gula darah) segar untuk bahan bakar. Tanpa sarapan, Anda akan kesulitan memproses informasi baru dan sukar mengingat.

2. Mendapat nutrisi esensial

Makan pagi Anda diperkaya dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara sehat setiap hari. Nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin B, serat, dan kebutuhan penting lainnya hanya diperoleh melalui makanan dalam sarapan.

Ilustrasi menu sarapan sehat.

3. Sehatkan jantung

Selalu sarapan akan meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah diabetes serta menurunkan tekanan darah. Mereka yang melewatkan sarapan cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dan peningkatan risiko penyakit jantung. Orang yang selalu sarapan cenderung mendapatkan lebih sedikit lemak dan lebih banyak serat dalam makanan mereka, yang menyebabkan makan lebih sedikit di antara waktu makan.

4. Mengurangi gangguan makan

Melewatkan sarapan adalah salah satu bentuk gangguan makan. Sarapan secara harfiah berarti berbuka puasa dan penting untuk tubuh . Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa anak perempuan berusia 13 tahun yang tidak sarapan rata-rata tidak puas dengan bentuk tubuhnya dibanding mereka yang berbuka puasa dengan makan pagi setiap hari. Sebab, sering melewatkan sarapan berarti melewatkan makan untuk tujuan pengendalian berat badan, ini adalah cara makan yang tidak benar.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Tinggi Protein yang Bisa Menambah Energi 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa sarapan yang banyak meningkatkan interferon gamma tubuh atau antivirus alami yang secara langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan. Melewatkan sarapan menyebabkan penurunan gamma-interferon sebesar 17 persen.

6. Memperbaiki kulit

Telur, makanan sarapan yang luar biasa dan populer, sangat bagus untuk kulit . Lutein, antioksidan karotenoid yang ditemukan dalam telur, membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Hanya satu telur sehari dapat meningkatkan kadar lutein hingga 26 persen. Ada banyak makanan sarapan lain yang juga bisa berfungsi dengan baik, seperti oatmeal, pancake kenari, dan smoothie sarapan.

7. Jagalah tubuh tetap ideal

Meskipun sarapan sendirian tidak akan menurunkan berat badan secara cepat, ternyata hal itu dapat membantu hubungan emosional Anda dengan makanan. Puasa berkepanjangan dapat meningkatkan respons insulin tubuh yang meningkatkan penyimpanan lemak dan penambahan berat badan. Sarapan juga membantu mencegah makan berlebihan.

Baca juga: Sereal Kaya Serat, Menu Sarapan Praktis Buat Anak 

8. Stabilkan tingkat energi

Keseimbangan karbohidrat, protein, dan serat adalah kunci sarapan sehat, dan mengonsumsi makanan dengan komponen ini akan meningkatkan tingkat energi anda. Sarapan mengisi kembali simpanan glikogen anda, yang memasok otot dengan energi langsung. Sarapan ditemukan menyuplai sekitar 25 persen dari pengeluaran energi harian orang.

9. Hidup lebih lama

Studi menunjukkan bahwa orang yang hidup hingga 100 tahun adalah orang yang selalu sarapan. Selain itu, mereka yang sarapan secara teratur cenderung tidak mengembangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum berlebihan. Berkat semua manfaat sarapan pagi, tubuh memiliki peluang lebih besar untuk menangkal penyakit dan hidup lebih lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini