Beautypedia, 5 Cara Merawat Kulit Kepala Supaya Terhindar dari Gatal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 611 2402115 beautypedia-5-cara-merawat-kulit-kepala-supaya-terhindar-dari-gatal-c42ZxbIuSN.jpg Ilustrasi kulit kepala gatal. (Foto: Lookstudio/Freepik)

JELANG musim panas, kulit kepala akan lebih banyak terpapar sinar matahari, sehingga bisa menimbulkan beberapa masalah. Di antaranya adalah membuat kulit kepala menjadi gatal, muncul ruam, serta iritasi.

Sangat penting untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan yang berlebihan. Sebab, terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan membuat kulit kepala ditempeli debu dan kotoran dampak keringat berlebih. Beberapa masalah lain juga dapat terjadi, yakni infeksi jamur, dermatitis, kulit kepala gatal, dan yang paling umum ketombe.

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan rambut rontok dan kering serta ujung bercabang. Satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan fokus menjaga kulit kepala tetap kering dan bersih. Dikutip dari laman Times of India, Rabu (28/4/2021), berikut cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit kepala agar terhindar dari gatal.

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Kulit Kepala Kering, Bye Ketombe 

1. Gunakan sampo alami ringan

Sampo konvensional lebih cenderung membuat rambut Anda terpapar bahan kimia keras yang dapat membahayakan kulit kepala dan rambut Anda dengan efek jangka panjang yang mengerikan. Menggunakan sampo alami dapat membantu rambut terasa lebih lembut dan halus sekaligus meningkatkan kilau alaminya dari dalam.

Ilustrasi kulit kepala gatal.

2. Keramas setidaknya tiga kali seminggu

Akibat keringat berlebih, penumpukan kotoran di kulit kepala pada akhirnya akan merusak rambut. Keramas bakal membersihkan kulit kepala dan menjaga rambut tetap segar serta berkilau. Juga yang terbaik adalah membiarkan rambut mengering secara alami.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal, Hindari Menggaruk 

3. Minum banyak air

Air bersifat melembapkan. Ini bisa membawa kebaikan pada kulit kepala dan rambut Anda. Penting menjaga kulit kepala tetap dingin, jadi pastikan minum minimal 8 gelas air sehari. Bisa juga konsumsi jus tebu atau jus jeruk di pagi dan sore hari.

4. Hindari produk penataan rambut

Terlalu sering menggunakan produk penataan rambut tidak hanya merusak rambut, tetapi juga merusak kulit kepala. Sangat disarankan tidak terlalu sering melakukan perawatan apa pun pada rambut.

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Masker Rambut DIY Rusak Kulit Kepala 

5. Makan makanan sehat

Sangat penting untuk memikirkan apa yang Anda makan. Sebab, tidak ada gunanya mengatur rambut dan perawatan kulit kepala secara eksternal jika kebiasaan makanan merusak kualitas rambut.

Cobalah memasukkan lebih banyak asupan omega-3, biji-bijian, millet, dan lentil dalam asupan harian. Belajarlah menjaga makan malam lebih awal serta porsi yang lebih kecil. Pastikan memasukkan makanan berserat yang akan memberi lebih banyak protein dan zat besi bagi tubuh.

Jadi lanjutkan dan praktikkan tips sederhana ini untuk memiliki kulit kepala yang bagus. Luangkan beberapa menit setiap harinya untuk merawat kulit kepala dan rambut Anda. Dengan kedisiplinan, Anda bakal meraih kulit kepala dan rambut yang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini