Keluar Flek dari Organ Kewanitaan, Apakah Membatalkah Puasa?

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 612 2402154 keluar-flek-dari-organ-kewanitaan-apakah-membatalkah-puasa-lWPpaZq6ZT.jpg Ilustrasi keluar flek dari organ kewanitaan. (Foto: Shutterstock)

SEJUMLAH wanita mengalami keluar flek saat menjalankan puasa Ramadhan. Banyak yang bingung membedakan hukum keluar flek dan haid ketika puasa. Apakah kedua hal tersebut hukumnya sama yakni bisa membatalkan puasa?

Dikutip dari Solopos, Rabu (28/4/2021), pembina konsultasi syariah Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menjelaskan ada tiga pendapat ulama yang membahas persoalan keluar flek saat menjalankan ibadah puasa.

Adapun tiga pendapat ulama tersebut berkaitan dengan batas waktu keluar darah dari organ kewanitaan.

Baca juga: Lupa Niat Puasa, Tetap Sah? Begini Penjelasan Ustadz 

Puasa. (Foto: Shutterstock)

3 Pendapat Ulama terkait Keluar Flek saat Puasa

1. Hanafiyah menjelaskan wanita bisa dikatakan haid ketika keluar darah selama tiga hari. Ketika darah tersebut keluar kurang dari 3x24 jam, bukan dikategorikan darah haid, sehingga wanita yang bersangkutan boleh melanjutkan ibadahnya, termasuk puasa.

2. Malikiyah menyebutkan bahwa tidak ada batas waktu minimal untuk keluarnya darah haid. Wanita disebut haid meski keluar darahnya hanya sekali. Dari pendapat itu, flek juga dikategorikan sebagai haid.

3. Syafiiyah menegaskan batas minimal wanita disebut haid adalah sehari semalam. Sehingga jika darah yang keluar hanya sekali kurang dari 24 jam, tidak dikategorikan haid.

Baca juga: Apakah Mencium Istri Membatalkan Puasa? 

Dari ketiga pendapat ulama tersebut, ada riwayat yang mendukung pendapat dari Syafiiyah. Dijelaskan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

"Apabila seorang wanita setelah suci dari haid, dia melihat seperti air cucian daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh sholat tanpa harus mandi. Kecuali jika dia melihat darah kental." (HR Ibnu Abi Syaibah Nomor 994)

Baca juga: Bolehkah Balita Belajar Puasa? Ini Penjelasan Dokter 

Dari penjelasan tersebut, Ustadz Ammi Nur Baits menyimpulkan keluar flek cokelat saat puasa yang hanya beberapa saat atau kurang dari sehari tidak dikategorikan haid. Alhasil, wanita yang bersangkutan wajib melanjutkan ibadah puasanya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini