5 Cara Bikin WFH Jauh Lebih Menyenangkan Menurut Psikolog

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 612 2402202 5-cara-bikin-wfh-jauh-lebih-menyenangkan-menurut-psikolog-oJ7EQYVPdt.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pernahkah Anda merasakan kekosongan yang timbul karena bekerja di rumah atau Work From Home (WFH)? Bisa jadi Anda juga menjadi tidak bahagia. Inilah saatnya memasukkan produktivitas penuh kesadaran ke dalam hidup Anda.

Produktivitas kesadaran adalah kemampuan untuk menyadari sepenuhnya saat ini dan kemampuan untuk sinkron dengan perasaan dan emosi batin. Psikolog sekaligus pendiri Lightroom Therapy and Counseling Garima Juneja akan memberikan tipsnya untuk Anda.

Mulailah hari Anda dengan catatan yang baik

WFH

Kebiasaan anak muda sekarang adalah segera mengecek sosial media mereka ketika bangun tidur. Mereka juga cenderung menelan informasi tanpa menelaahnya.Ini mengacaukan pikiran kita dan membuat kita cemas atau sedih juga rewel. Ini tentunya bukan cara yang baik untuk memulai hari.

Sebaliknya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menulis jurnal selama 5-7 menit karena pikiran bawah sadar Anda masih terbuka. Menuangkan pikiran-pikiran yang menjengkelkan dan membingungkan itu pada selembar kertas akan meremajakan indra dan membantu Anda memulai hari dengan pikiran yang jernih dan terbuka.

Baca Juga : 5 Tips Bangkitkan Semangat saat WFH di Bulan Puasa

Ciptakan ruang kerja yang penuh perhatian

WFH

Lingkungan eksternal jelas memiliki dampak yang signifikan dalam mengatur nada kesejahteraan internal kita. Menciptakan ruang kerja yang bersih tidak diragukan lagi memberikan keajaiban bagi ketenangan diri.

Mengelilingi ruang kerja Anda dengan lukisan atau gambar alam, minyak esensial, atau lilin tidak hanya memikat kehidupan di ruang kerja Anda, tetapi juga memiliki efek menenangkan pada indra Anda, sehingga meningkatkan fokus Anda pada pekerjaan.

Hindari multitasking

Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa rata-rata, 47 persen waktu seseorang terpaku pada pikirannya, dan multitasking membuat Anda terjebak di sana. Sebaliknya, berkonsentrasi pada satu hal atau tugas pada satu waktu selalu lebih bermanfaat. Ini meningkatkan kualitas kerja Anda dan menjauhkan Anda dari pemikiran berlebihan.

Lakukan pekerjaan secara perlahan

WFH

Melakukan semuanya secara perlahan akan memberikan keunggulan manajemen mikro dan meningkatkan kemahiran. Dan yang terpenting, bekerja dengan perlahan-lahan dapat membuat Anda menikmati setiap momen kerja dan kehidupan.

Cintai dirimu sendiri

Bermeditasi dan berolahraga setiap hari akan membantu pelepasan endorfin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda. Habiskan waktu dengan orang yang Anda cintai.

Beristirahatlah saat mereka membuat Anda bersemangat dengan energi segar untuk bangkit kembali. Beristirahat di penghujung hari sangatlah penting. Isi jurnal dengan rasa syukur dan prestasi. Tepuk punggung Anda, berterima kasihlah pada diri sendiri atas apa yang telah Anda selesaikan di hari itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini