5 Trik Wawancara Kerja Melalui Telepon

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 612 2402403 5-trik-wawancara-kerja-melalui-telepon-RppsTMM1Us.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI masa pandemi Covid-19 ini, biasanya wawancara kerja akan dilakukan via online atau mungkin melalui telepon. Tidak seperti wawancara langsung, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika melakukan wawancara melalui telepon oleh pihak perusahaan.

Supaya tak salah langkah, maka dari itu ada baiknya kita memahami apa saja sih kesalahan yang harus dihindari saat wawancara kerja melalui telepon.

Merangkum Huffingtonpost, berikut ulasan singkat 5 kesalahan yang harus dihindari saat wawancara kerja melalui telepon sesuai saran dari para ahli.


Latar belakang Berisik

Sebagai pencari kerja, Anda harus siap dengan segala skenario. Ashley Watkins, pelatih pencari kerja menyarankan, sebisa mungkin hindari mengangkat dan melakukan wawancara kerja dengan latar belakang lingkungan yang tak memadai alias berisik.

Misalnya ketika sedang di luar rumah, sedang di kamar mandi, sedang berada di kedai makanan atau sebagainya. Daripada nekat, seperti saran Jessica Hernandez, career coach, biarkan telfon dari rekruiter masuk ke pesan suara lalu Anda bisa telepon kembali setelah Anda ada di tempat yang tenang.

Jika sudah terlanjur diangkat, beri tahu pihak pewawancara kalau saat itu Anda sedang di lingkungan tempat yang tak memadai, dan tanya apakah boleh Anda menelepon kembali dalam satu jam, atau beberapa jam, atau esok hari.

Telepon

Tidak mempersiapkan diri

Ada waktu jeda antara saat mengirimkan lamaran dan saat wawancara telepon. Maka dari itu penting untuk menyiapkan catatan, sehingga saat wawancara via telepon terjadi, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda tahu pekerjaan mana yang dilamar, dan mengapa diri Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi pekerjaan tersebut.


Negosiasi berlebihan soal gaji

Pertanyaan soal gaji biasanya selalu jadi pertanyaan wajib yang akan ditanyakan oleh pihak perekrut. Menurut Ashley Watkins, tujuannya di sini adalah agar kedua belah pihak baik pelamar maupun pihak perusahaan bisa tahu apakah kedua pihak memiliki kesamaan sebelum melangkah maju ke tahapan selanjutnya.

Menjawab pertanyaan tentang ekspektasi gaji dengan baik, bicarakan dengan rekan kerja dan lakukan riset online untuk mencari tahu kisaran gaji yang sesuai. Ketika perekrut perusahaan menjawab dengan kisaran, Anda bisa bertanya apakah kisaran itu hanya gaji pokok atau juga termasuk tunjangan lain seperti bonus, komisi, atau penggantian biaya transportasi.

Tidak terdengar antusias

Mengingat ini wawancara melalui telepon, alhasil pihak rekruiter hanya bisa mengevaluasi pelamar lewat suara. Inilah mengapa penting, kita terdengar bersemangat dan antusias ketika berbicara di wawancara kerja via telepon.

Salah satu trik dari Ashley Watkins, cobalah melakukan wawancara telepon tersebut dengan posisi berdiri sehingga suara bisa terdengar lebih baik. Tapi tak perlu berjalan bolak-balik ke sana kemari karena bisa membuat napas tersengal-sengal.

Saran lainnya dari Jessica Hernandez, untuk menunjukkan antusiasme dengan merujuk postingan pekerjaan. Ceritakan soal apa yang Anda ketahui tentang perusahaan atau iklan pekerjaan, ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda sebagai pelamar memang tertarik dan bersemangat. Jangan salah, gesture ini selalu meninggalkan kesan yang luar biasa bagi pihak rekruiter.

Lupa bertanya

Di wawancara melalui telepon, sebisa mungkin kita jangan sampai lupa bertanya detail soal proses tahapan selanjutnya. Tidak ada kabar dari perusahaan setelah wawancara awal bisa membuat stres, jadi bertanya soal timeline proses perekrutan bisa sedikit banyak membantu.

Untuk meredakan kecemasan, tanyakan saja apa yang bisa dinantikan untuk maju dalam proses tahapannya. Dengan begini kita jadi bisa tahu dan tak sibuk menerka-nerka sendiri. Usahakan selalu tanyakan apa proses selanjutnya dan apakah pihak rekruiter membutuhkan hal lain dari kita sebagai pelamar kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini