Share

5 Aktivitas ini Bikin Ramadhan Semakin Produktif Walau Masih di Tengah Pandemi

Karina Asta Widara , Jurnalis · Kamis 29 April 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 12 2402953 5-aktivitas-ini-bikin-ramadhan-semakin-produktif-walau-masih-di-tengah-pandemi-ks5CK9eMGM.jpeg Foto : Dok Kredivo

Selama Ramadhan, segala hal bisa penuh dengan keberkahan. Seperti halnya ketika Anda menanam satu kebaikan, Anda akan menuai kebaikan yang berlipat ganda. Bayangkan, ketika Anda menanam satu apel, ketika apel tersebut tumbuh, ada 3 pohon apel sekaligus. Seperti itulah bulan Ramadhan.

Namun sayangnya, saat berpuasa, banyak orang yang justru menghabiskan banyak waktu dengan tidur ketika memiliki waktu luang. Memang, tidak bisa dipungkiri kalau bangun sahur memang berat dan membuat kita semua sering mengantuk, tapi nggak juga jadi alasan untuk tidur sepanjang hari dan bangun ketika bedug maghrib, ya!

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan banyak aktivitas positif, yang membuatmu semakin produktif meskipun di tengah pandemi sekalipun.

1. Belajar Sesuatu yang Baru

Untuk menjaga diri agar tetap produktif pada ramadhan kali ini, cobalah untuk mengeksplorasi kegiatan atau hobi baru. Banyaknya waktu luang pada bulan ini, merupakan momen sangat tepat untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan sisi seni dan kerajinan. Anda bisa coba melukis, mewarnai, gambar, atau mulai memainkan musik. Dengan demikian, mengeksplorasi dengan hal-hal tersebut bisa menjadi kegiatan pelepasan yang menenangkan untuk dirimu sendiri. Atau kamu bisa menemukan kegiatan baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Misalnya belajar bahasa asing yang Anda minati hingga membuat kerajinan tangan.

2. Lakukan Kegiatan Sosial

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan sosial. Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mendapatkan pahala 1000 kali lipat jika melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Ditambah lagi, di tengah pandemi seperti sekarang, dan belum pulih 100 persen perekonomian di Indonesia, pasti lebih banyak lagi orang yang membutuhkan bantuan di luar sana.

3. Bisnis Online

Di tengah bulan ramadhan dan menyambut hari raya lebaran, usaha kecil-kecilan seperti menjual hampers atau parcel lebaran, baju muslim, kartu lebaran yang ikonik dan penuh kesan, sampai dengan menjual kurma atau air zam-zam bisa menghasilkan cuan. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan Ramadhan.

Bila Anda ingin pinjam dana untuk membuka usaha online, cobalah untuk memanfaatkan pinjaman online cepat cair dan mudah dari Kredivo. Layanan pinjam dana tunai dari Kredivo ini bisa memberikan limit hingga Rp30 juta dengan bunga 2,6 persen dan tenor mulai dari 1, 3 hingga 6 bulan. Sangat cocok buat Anda yang ingin memulai bisnis online.

4. Berolahraga

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan saat mengisi waktu kosong ketika ibadah puasa adalah dengan berolahraga. Jangan langsung berolahraga berat, nanti bila tidak tahan, puasa yang Anda jalani bisa batal. Cobalah untuk berolahraga ringan saja.

Anda bisa lari-lari kecil di dalam rumah atau melakukan peregangan badan untuk mengeluarkan keringat. Buat Anda yang bisa yoga, coba lakukan gerakan yoga secara ringan dan tidak terlalu berlebihan. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Namun, jika pada sore hari Anda memiliki banyak kerjaan atau sibuk menyiapkan buka puasa, berolahraga di malam hari juga tidak ada masalah.

5. Berkreasi di Dapur

Ada pepatah mengatakan,"bermain air basah, bermain api hangus." Jadi, kalau sudah ketemu dapur, jangan pernah takut untuk mencoba. Ingin berkreasi, jangan takut rugi atau gagal. Apalagi di bulan Ramadhan yang masih didera pandemi seperti sekarang, cobalah eksplor menu masakan baru yang bisa Anda suguhkan untuk berbuka dan sahur.

Sebab ada ratusan hingga ribuan menu minuman dan masakan yang bisa Anda jelajahi. Walaupun nanti hasilnya tidak sesuai yang diinginkan, tidak apa-apa, namanya juga mencoba-coba. Siapa tahu diantara ratusan menu ada tiga hingga empat menu yang bisa dijual secara online. Menarik sekali bukan? Ternyata di rumah saja bisa tetap produktif.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini