Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Baru Melahirkan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 298 2403076 ini-5-makanan-yang-baik-dikonsumsi-ibu-baru-melahirkan-vjZMxn3Jwi.jpg Ilustrasi ibu baru melahirkan. (Foto: Jcomp/Freepik)

PARA ibu ketika melahirkan buah hatinya mengerahkan segala daya dan upaya agar berjalan lancar. Seluruh energi terkuras dan menjadi sangat lemah setelahnya. Maka itu, ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan asupan atau makanan yang bernutrisi tinggi agar tubuh kembali bugar.

Wajib mengetahui makanan bernutrisi yang baik dikonsumsi para ibu baru melahirkan. Ini juga demi menjaga kesehatan bayi ketika memberinya air susu ibu (ASI) eksklusif.

Seperti dirangkum dari laman Healthline, berikut ini lima makanan sehat yang baik dikonsumsi para ibu yang baru saja melahirkan.

Baca juga: Ayam Kremes Kurma Sereal, Menu Buka Puasa yang Gurih dan Sehat 

1. Sup ayam

Diperkirakan ibu menyusui membutuhkan lebih banyak cairan per hari dibandingkan mereka yang tidak menyusui. Sup ayam merupakan makanan yang pas dikonsumsi setelah melahirkan. Kaldunya yang melembapkan dan rasanya yang asin untuk mengisi elektrolit secara alami serta karbohidrat yang hambar membantu memudahkan dimakan.

2. Kurma

Sebuah studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi kurma setelah melahirkan membuat lebih sedikit kehilangan darah dan pendarahan dibandingkan ketika diberikan oksitosin. Kurma juga sumber gula sederhana yang luar biasa untuk membantu memberi dorongan energi cepat setelah melahirkan.

Kurma. (Foto: Freepik)

3. Telur

Telur adalah sumber protein penting untuk membantu meredakan nyeri otot yang telah berkontraksi tanpa henti selama proses melahirkan. Penelitian telah menemukan hubungan antara tingkat omega-3 yang rendah dari depresi pasca-persalinan serta nutrisi itu dapat membantu mengurangi risikonya.

Baca juga: 6 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh untuk Orang Berusia 40 Tahun 

4. Oatmeal buah

Sembelit juga merupakan efek samping yang umum terjadi setelah melahirkan karena hormon kehamilan. Oatmeal adalah karbohidrat lembut lainnya yang relatif hambar untuk mengisi kembali simpanan glikogen yang sudah usang dengan 4 hingga 6 gram dari serat peningkat kotoran. Tambahkan dengan buah segar atau kering untuk kebaikan ekstra sehat. Kandungan galactagogue dalam oatmeal diduga dapat meningkatkan suplai ASI.

5. Biskuit asin

Makan biskuit asin bisa memberikan manfaat karbohidrat dan elektrolit yang sama untuk membantu para ibu membangun kembali energi secara perlahan usai melahirkan. Biskuit asin juga merupakan obat yang biasa direkomendasikan untuk mengatasi mual selama kehamilan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini