Kurang Jago Masakan Santan? Coba Ikuti Saran Chef Kushandari

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 298 2403108 kurang-jago-masakan-santan-coba-ikuti-saran-chef-kushandari-1SfqopGM3p.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASAKAN berbahan dasar santan memang menggugah selera. Tapi, memakai santan memang susah-susah gampang, tidak heran jika sebagian orang banyak enggan memasak hidangan berbasis santan.

Padahal, jika tahu trik memasaknya hidangan berbasis santan bisa kok tetap terasa light di mulut dan keluar rasa segarnya. Seperti trik dari Chef Kushandari Arfanidewi berikut ini, dia menyarankan justru santan jangan dimasukkan di tahap awal, tapi dimasukkan di tahapan terakhir memasak.

“Contohnya masak sayur lodeh ya, aku selalu masukin santannya itu terakhir-terakhir banget. Sudah panas sayur lodehnya, baru aku campur satu pack santan instan kemasan kecil yang ukuran 65ml. Saring dulu dengan air, baru dimasukin,” kata Chef Kushandari, dalam acara virtual gathering, Kamis (29/4/2021).

Masak Santan

Selain memasukkan cairan santan kelapa di step terakhir, wanita yang juga aktif dikenal sebagai food blogger ini juga merekomendasikan untuk menghindari proses pemanasan berulang.

“Kalau masak hidangan berbasis santan itu, aku merasa jangan dipanasin berulang kali yang juga bisa bikin nutrisinya berkurang terus. Selama ini, aku pribadi merasa kalau masak sayur lodeh, atau opor ayam itu tidak dipanasin berulang kali bisa tetap lebih light dan freshnya dapat,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini