Mau Makanan Santan Lebih Awet, Begini Cara Menyimpannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 298 2403132 mau-makanan-santan-lebih-awet-begini-cara-menyimpannya-veQhVHAHLA.jpeg Makanan Bersantan. (Foto: Cookpad)

MASAKAN yang menggunakan bahan dasar kuah santan seperti opor ayam, rendang atau sayur lodeh bisa dibilang masakan tak tahan lama. Mengingat berbahan dasar menggunakan santan kelapa yang cenderung berat, tetapi juga mudah basi. 

Memasak makanan bersantan bukan hanya harus teliti dalam cara pengolahannya, tapi juga harus paham cara penyimpanan yang tepat agar tak mudah basi alias lebih awet.

Untuk tips menyimpan menu makanan berbahan dasar santan agar lebih awet dan tidak mengubah rasa, ada tips mudah dari Chef Kushandari Arfanidewi. Saran satu ini bisa dipraktekkan, terlebih lagi untuk tipe orang yang suka memasak dalam partai besar sekaligus untuk stok. 

Triknya ialah dengan membagi porsi stok dalam beberapa tempat sekaligus.

Santan

“Dibagi disimpan di beberapa kontainer, jadi jangan satu langsung di kontainer besar. Ini tujuannya untuk menghindari pemanasan, dihangatkan berulang. Begitu mau dimakan, langsung ambil dari kulkas satu porsi, makan, habis, selesai,” kata Chef Kushandari dalam acara virtual gathering, Kamis (29/4/2021).

Mengurangi intensitas keluar masuk dari lemari pendingin, ditambahkan Chef Kushandari tak hanya untuk menghindari pengurangan nutrisi secara terus-menerus, karena makanan dihangatkan berulang kali. Tapi trik ini juga sekaligus mengurangi kemungkinan untuk masuknya bakteri, yang bisa membuat makanan jadi terkontaminasi.

“Kalau disimpan di satu kotak besar gitu nutrisi berkurang karena dihangatkan berulang, naik turun di kulkas. Buka tutup terus, memungkinkan bakteri masuk, takutnya kan terkontaminasi bakteri jahat juga,” tutup Chef Kushandari.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini