Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Ini Bahaya Super Spreader Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2402745 pemerintah-larang-mudik-lebaran-ini-bahaya-super-spreader-covid-19-ijtFTjmCQ6.jpg Waspadai super spreader Covid-19 (Foto : Xinhuanet)

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Tanah Air. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 nomor 13 tahun 2021.

Surat edaran tersebut berisi tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Sebagaimana diketahui, semakin tinggi mobilitas masyarakat, maka semakin berpotensi pula terjadinya penyebaran virus. Salah satu hal yang dikhawatiri saat mudik atau berwisata adalah mengenai keberadaan super spreader.

Super Spreader

Merangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Kamis (29/4/2021), super spreader (penyebar super) adalah individu yang dapat menularkan infeksi ke lebih banyak orang dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : 5 Kemiripan Gaya Novita Condro dengan Vegen Acni, Istri dan Mantan Kapten Vincent Raditya

Baca Juga : 3 Tas Vegen Acni Mirip Novita Condro, Selera Mantan dan Istri Vincent Raditya Ternyata Sama!

Super spreader ini dapat menularkan virus corona ke lebih dari tiga orang lainnya hanya dengan bernapas atau berbicara. Sementara kerumunan dapat menyebabkan peningkatan penularan infeksi virus corona. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan satu atau lebih super spreader yang turut menghadirinya.

Ayo cegah penularan Covid-19 di Tanah Air dengan tidak mudik lebaran maupun berwisata, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dengan orang lain.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini