Viral Penggunaan Alat Rapid Test Antigen Bekas, Dokter: Alat Ini Hanya Sekali Pakai!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2402752 viral-penggunaan-alat-rapid-test-antigen-bekas-dokter-alat-ini-hanya-sekali-pakai-WOnW1nOO5B.jpg Rapid test antigen (Foto: Pixabay)

Tanah Air kembali dikejutkan dengan aksi oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan kembali alat rapid test antigen bekas di Bandara Kualanamu yang jadi viral kasusnya. Tentunya kondisi ini sangat memprihatinkan, sebab masih ada orang yang mencari keuntungan di tengah situasi pandemi.

Berkaca dari kasus ini, tentunya banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran masyarakat, apakah alat rapid test antigen bisa digunakan lebih dari satu kali?

 ilustrasi rapid test

Menjawab hal tersebut, Dokter Relawan Covid-19 sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Muhamad Fajri Adda’i mencoba menjelaskan kepada masyarakat mengenai fakta di balik alat rapid test antigen.

“Pada dasarnya meski alat ini standarisasinya bagus, dia hanya bisa sekali pakai, sebab ada yang namanya pita kontrol. Tidak mungkin alat ini bisa digunakan sebanyak 10 kali,” ujar dr. Fajri, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (29/4/2021).

Lebih lanjut dr. Fajri mengatakan bahwa seumpamanya alat rapid test Covid-19 bisa digunakan berkali-kali, kemungkinan besar alatnya sudah dicuci atau dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Jadi misalkan hasilnya negatif, namun nanti pita kontrolnya tidak akan muncul. Jadi setiap alat yang bentuknya seperti ini, pasti ada yang namanya pita kontrol. Kontrol itu, kalau sudah sekali pakai maka akan nongol dan tidak bisa digunakan lagi. Sama seperti tespek kehamilan,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini