Tips agar Mata Tidak Lelah saat Baca Alquran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2402849 tips-agar-mata-tidak-lelah-saat-baca-alquran-qxegri3pJc.jpg Membaca Alquran (Foto: Muslim Matters)

Apakah Anda pernah mengalami mata terasa sangat lelah saat membaca Alquran di bulan puasa ini? Jika iya, mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda perhatikan dan itu menyebabkan kondisi tersebut.

Mata lelah bisa saja terjadi karena Anda membaca Alquran di tempat dengan penerangan yang kurang baik. Atau mata Anda sejatinya sudah membutuhkan alat bantu kacamata misalnya, tapi tidak dilakukan. Faktor-faktor itu bisa meningkatkan risiko mata lelah saat membaca Alquran.

Dokter Spesialis Retina, Vitreo-Retina, dan Cataract JEC Eye Hospitals and Clinics, dr Martin Hertanto, Sp.M, punya beberapa solusi yang bisa Anda lakukan supaya momen membaca Alquran lebih nyaman dan tidak membuat mata lelah. Apa saja?

 membaca Alquran

1. Pastikan menggunakan kacamata yang tepat

Jika Anda sudah tua atau lansia, biasanya kondisi mata sudah tidak sesempurna di kala muda. Untuk itu, beberapa lansia disarankan untuk menggunakan alat bantu kacamata plus supaya proses membaca Alquran yang huruf-hurufnya cenderung kecil dapat lebih lancar.

"Pakai kacamata plus sangat disarankan untuk mereka yang sudah tua. Karena, kebanyakan orang yang sudah tua mengalami mata tua dan ini wajar sekali terjadi. Dengan menggunakan kacamata baca, membuat mata lebih nyaman melihat Alquran," terang dr Martin, beberapa waktu lalu.

2. Pastikan cahaya ruangan terang

Jangan membaca Alquran di ruangan yang gelap. Ini yang kemudian bisa mempercepat mata lelah. Karena itu, disarankan untuk membaca Alquran di ruangan yang pencahayaannya baik. "Kalau ditanya baik mana lampu putih atau kuning, dua-duanya oke," papar dr Martin.

3. Pastikan lampu tidak kedip-kedip

Selain lampu harus terang, poin lain yang menjadi catatan dokter Martin adalah upayakan tidak menggunakan lampu yang kedip-kedip sebagai pencahayaan ruangan di kala membaca Alquran. Pastikan lampunya yang terang stand by. "Lampu kedip-kedip itu bisa meningkatkan risiko mata lelah. Jadi, pilih lampu yang stand by dan pastikan terang, ya," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini