Hasil Uji Klinis Vaksin BioNTech untuk Bayi Keluar September 2021

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2403062 hasil-uji-klinis-vaksin-biontech-untuk-bayi-keluar-september-2021-xLIvOrETmY.jpg Vaksin BioNTech. (Foto: Reuters)

BIONTECH baru saja mengumumkan perkembangan terkait uji klinis vaksin covid-19 untuk bayi. Mereka berharap hasil uji klinis Vaksin BioNTech yang dikembangkan bersama Pfizer ini bisa keluar September 2021.

"Pada Juli, hasil pertama bisa tersedia untuk anak usia 5 hingga 12 tahun. Pada bulan September untuk anak-anak yang lebih kecil. Dibutuhkan waktu sekira 4 hingga 6 pekan untuk mengevaluasi data tersebut," kata Kepala Eksekutif BioNTech Ugur Sahin kepada majalah Spiegel, seperti dikutip dari USA News, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Klaster Perkantoran Meningkat, Kemenkes Imbau Satgas Kantor Evaluasi 

Ia menambahkan, jika semua prosesnya berjalan lancar maka BioNTech bisa segera memasukkan aplikasi permohonan untuk persetujuan penggunaan.

"Jika semua berjalan lancar, secepatnya setelah datanya dievaluasi, kami bisa mengajukan permohonan persetujuan vaksin untuk semua anak di kelompok umur masing-masing di berbagai negara," imbuhnya.

Ilustrasi bayi. (Foto: Shutterstock)

Sebagai informasi, BioNTech dan Pfizer sendiri telah meminta regulator kesehatan Amerika Serikat pada bulan April ini untuk menyetujui penggunaan darurat vaksin buatan mereka pada kelompok remaja berusia 12 hingga 15 tahun.

Sementara untuk penggunaan di Benua Eropa, Ugur menyebutkan saat ini pihaknya tengah di tahap akhir sebelum menyerahkan permohonan ke Badan Regulator Eropa untuk penggunaan vaksin covid-19 pada anak-anak berusia 12 tahun ke atas.

Baca juga: Kini Ada Home Care dan Delivery Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia 

Untuk vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech sendiri, berdasarkan uji coba yang diterbitkan pada akhir Maret lalu, menunjukkan aman, efektif, dan menghasilkan respons antibodi yang kuat terhadap kelompok remaja.

Sejauh ini vaksin covid-19 dua kali dosis dari Pfizer-BioNTech sudah diizinkan digunakan pada orang-orang yang berusia 16 tahun ke atas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini