Jelang Dibuka Lagi, Sekolah Perlu Sediakan Tempat Cuci Tangan dengan Sabun

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2403104 jelang-dibuka-lagi-sekolah-perlu-sediakan-tempat-cuci-tangan-dengan-sabun-JZpltRmmul.jpg Ilustrasi. (Foto: QSN)

SEKOLAH tatap muka rencananya dimulai 2 Mei, bertepatan Hari Pendidikan Nasional. Pemerintah semakin intensif melakukan sosialisasi pemicuan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia Dini Widiastuti mengatakan, sebelum sekolah tatap muka, perlu persiapan dan sosialiasi agar anak-anak paham mencuci tangan yang baik dan benar. Dari mulai guru, orangtua, juga murid.

Sehingga saat sekolah dibuka kembali, sekolah sudah memmiliki akses dan panduan pemicuan CTPS," katanya saat webinar.

 ctps

Direktur Kesehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Vensya Sitohang menjelaskan, jika Anda cuci tangan pakai air saja hanya dapat membunuh kuman 10 persen. Sementara CTPS bisa membuat kuman mati 80 persen.

"Semakin banyak kuman mati maka risiko kuman atau bakteri bahaya masuk tubuh semakin kecil. Kita terhidnar dari kuman penyakit," kata Vensya.

CTPS, ujar Vensya, merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang tertinggal ditangan. Dengan demikian tangan terlindung dari bakteri maupun kuman penyakit.

Bila menggunakan hand sanitizer, dapat digunakan sebagai alternatif membersihkan tangan, dengan syarat harus mengandung alkohol kadar minimal 60 persen.

Berdasarkan data WHO, pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas pakai sabun dapat mengurangi kematian anak usia di bawah 5 tahun di bawah 50 persen.

"Untuk kesiapan anak didik sekolah tatap muka, kami gerilya untuk menyuarakan CTPS. Sosialisasi dilakukan dalam setiap acara dan waktu."

"Termasuk menyisipkan dalam sambutan Menteri Pendidikan saat membuka sekolah, suara CTPS dari Menteri Kesehatan dalam isu yang perlu diperhatikan dalam sekolah tatap muka," ujar Vensya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini