Pelukan Memberi 10 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 481 2403111 pelukan-memberi-10-manfaat-kesehatan-yang-luar-biasa-apa-saja-21cL6iz10m.jpg Ilustrasi pelukan. (Foto: Rawpixel/Freepik)

PELUKAN antara orangtua dengan anak atau kerabat lainnya ternyata bisa memberikan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Sejumlah penelitian telah mengidentifikasi berpelukan menghasilkan manfaat kesehatan fisik dan emosional.

Nah, apa saja manfaat kesehatan yang luar biasa dari pelukan? Simak 10 daftarnya berikut ini, seperti dikutip dari laman Wellandgood, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Sambut Ramadhan, Digelar Pemecahan Rekor Masak 21.562 Porsi Nasi Goreng 

1. Cegah stres

Pelukan membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan stres. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Carnegie Mellon menemukan bahwa ada hubungan antara menerima pelukan dan sistem kekebalan tubuh Anda. Secara khusus, studi tersebut mengamati jenis penyakit dan infeksi yang membuat Anda lebih rentan karena stres dan peningkatan kadar kortisol. Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang mendapat pelukan lebih kecil kemungkinannya jatuh sakit.

Pelukan. (Foto: Prostooleh/Freepik)

2. Cara komunikasi perasaan

Pelukan membantu Anda mengomunikasikan perasaan dengan cara yang tidak bisa dilakukan melalui kata-kata. Cara manusia berinteraksi secara fisik, seperti berpelukan, adalah salah satu bentuk komunikasi dengan orang lain.

"Sentuhan adalah indera pertama kita yang berkembang di dalam rahim dan mencapai kedewasaan jauh sebelum indera lainnya melakukannya," kata psikolog Danielle Forshee PsyD.

3. Tidak gugup berbicara

Pelukan akan membuat Anda tidak gugup berbicara di depan umum. Studi lain yang diterbitkan Behavioral Medicine menemukan bahwa orang yang berpelukan selama 20 detik dengan pasangannya sebelum berbicara di depan umum dapat lebih menenangkan dibanding yang tidak.

Baca juga: Buka Puasa Memang Cocok Makan Kurma, 5 Manfaat Ini Bakal Didapat 

4. Tingkatkan kinerja fisik

Pelukan meningkatkan kinerja fisik Anda. The New York Times pada 2010 melaporkan sebuah penelitian yang menemukan bahwa atlet tampil lebih baik ketika mereka menunjukkan persahabatan fisik (seperti berpelukan). Penelitian tersebut menemukan bahwa tim yang menunjukkan ikatan sentuhan paling banyak berada di peringkat tertinggi dan berkinerja terbaik.

5. Tingkatkan kadar oksitosin secara alami

Memeluk meningkatkan kadar oksitosin secara alami. Oksitosin merupakan hormon yang sering dijuluki sebagai "hormon pelukan" karena hubungannya dengan aspek penting dalam hubungan seperti kepercayaan, pengabdian, dan ikatan. Berpelukan adalah salah satu aktivitas yang melepaskan oksitosin di otak manusia secara alami, membantu memperkuat hubungan interpersonal. Peningkatan jumlah oksitosin juga dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

6. Menurunkan kadar kortisol

Berpelukan dapat menurunkan kadar kortisol. Sebagian alasan peserta dalam studi dapat tampil lebih baik daripada rekan-rekan mereka. Hal itu lantaran berpelukan dapat mengurangi banyak tekanan stres mereka. Lebih lanjut NPR melaporkan bahwa berpelukan memiliki kemampuan terukur untuk menurunkan hormon stres kortisol yang mengganggu.

7. Meredakan nyeri

Berpelukan meredakan nyeri. Fahad Basheer MD menulis bahwa berpelukan dapat mengurangi rasa sakit dengan berbagai cara. Pertama adalah dengan melepaskan endorfin yang menghalangi jalur nyeri, kedua adalah dengan meningkatkan sirkulasi yang menghilangkan peptida nyeri.

Baca juga: Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Baru Melahirkan 

8. Mengatasi krisis eksistensial

Berpelukan mengatasi krisis eksistensial. Serangkaian penelitian yang dilakukan oleh Association Of Psychological Science menemukan bahwa orang yang cenderung merasa takut akan kematian dapat menemukan rasa aman melalui sentuhan interpersonal termasuk berpelukan.

9. Bantu menyelesaikan konflik

Berpelukan membantu menangani konflik. Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap 400 orang selama periode 2 minggu menemukan bahwa menerima pelukan setelah konflik dapat membantu meredakan perasaan buruk tersebut.

10. Kurangi rasa kesepian

Berpelukan bisa membantu mengurangi rasa kesepian. Jenis isolasi seperti menghabiskan banyak waktu tanpa berinteraksi dengan orang lain secara langsung adalah tidak sehat karena dapat memicu atau memperdalam perasaan depresi. Pelepasan oksitosin, terkadang disebut hormon sosial, berpelukan dapat membantu memerangi perasaan terisolasi dengan membantu anda merasa terhubung dan memercayai orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini