5 Langkah Sederhana Tingkatkan Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 611 2403115 5-langkah-sederhana-tingkatkan-kesehatan-kulit-rambut-dan-kuku-NsQMYWRVEZ.jpg Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

KESEHATAN kulit, rambut, dan kuku harus selalu dijaga setiap saat. Ini supaya mencegah gangguan kesehatan terkait tiga bagian tubuh tersebut. Di antaranya kulit dan rambut kering, hingga kuku yang rapuh atau mudah patah.

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk menghindari rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan infeksi terhadap kulit, rambut, dan rambut. Dirangkum dari laman Times of India, Kamis (29/4/2021), berikut ini cara menjaga kesehatannya.

Baca juga: 4 Bahan Rumahan Ini Ampuh Obati Kulit dan Rambut Rusak Akibat Sinar Matahari 

1. Hidrasi yang baik

Cuaca hangat dan keringat di musim panas bisa menyebabkan tubuh sering mengalami dehidrasi, jadi batasi asupan air minimal 3 hingga 4 liter per hari. Ini akan membantu Anda mendapatkan elastisitas dan melembabkan kulit yang optimal. Dengan meminum air yang optimal juga akan memastikan bahwa nutrisi penting tersirkulasi ke sel-sel kulit.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

2. Konsumsi makanan sehat

Jika Anda benar-benar mendambakan rambut yang kuat dan indah, kulit bercahaya, serta kuku yang kuat; maka bisa didapat dari pola makan makanan sehat. Ini untuk memenuhi kekurangan vitamin esensial dan mineral yang merupakan kunci untuk mencapai kesehatan. Kemudian konsumsi makanan dan suplemen tertentu sesuai kebutuhan kulit, rambut, atau kuku.

Baca juga: Beautypedia, 5 Cara Merawat Kulit Kepala Supaya Terhindar dari Gatal 

3. Konsumsi biotin

Ini adalah vitamin B kompleks yang juga dikenal sebagai vitamin B7, koenzim R, vitamin H. Biotin meningkatkan kesehatan kulit dan kuku dengan meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat serta membantu metabolisme karbohidrat, asam amino yang penting untuk kulit, dan kuku bercahaya pertumbuhan.

Biotin banyak ditemukan dalam kuning telur, kedelai, kacang tanah, biji bunga matahari, almond, salmon, ubi jalar, jamur, brokoli, pisang, ragi, dan alpukat. Tapi akan sangat bagus jika bisa melengkapinya dalam bentuk suplemen makanan atau nutraceuticals.

4. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 adalah nutrisi penting yang ditemukan dalam makanan tertentu serta dimasukkan ke dalam makanan dari nutraceuticals. Ini dapat berfungsi untuk mengatur produksi minyak kulit, meningkatkan keseimbangan hidrasi, menangkal jerawat, dan meminimalkan tanda-tanda penuaan.

Omega 3 juga dapat membantu melembutkan kulit yang kasar dan kering serta memiliki efek menenangkan pada iritasi dan dermatitis. Lalu mencegah kuku kering dan rapuh membantu melumasi serta menjaga tampilan kuku tetap mengkilat.

Ikan berlemak seperti salmon, trout, mackerel, tuna, dan sarden kaya dengan omega 3; tetapi juga dapat ditemukan dalam kenari, kedelai, telur, biji chia, biji rami, ikan, serta minyak biji rami.

Baca juga: Yuk Ketahui 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut 

5. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meregenerasi antioksidan lain di dalam tubuh. Penting untuk produksi kolagen yang membantu memberikan kekuatan dan integritas pada kulit dan kuku. Vitamin C juga mencegah tanda-tanda penuaan karena peran vitalnya dalam produksi kolagen alami dalam tubuh.

Sumber yang kaya vitamin C adalah buah jeruk, seperti jeruk, stroberi dan kiwi yang dianggap sebagai sumber vitamin C terbaik, paprika, sayuran hijau, dan tomat yang sangat tinggi juga nutrisi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini