Jangan Berhenti Minum Susu, 6 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 298 2403296 jangan-berhenti-minum-susu-6-manfaat-kesehatan-ini-akan-didapat-jhCN9QMUhI.jpg Ilustrasi minuman susu. (Foto: Freepik)

SUSU adalah minuman yang sehat dan penting untuk tubuh manusia. Kita mulai meminumnya saat masih kecil, dan jumlah asupannya berkurang seiring bertambahnya usia.

Beberapa orang menghindari susu karena takut akan menambah banyak lemak ke tubuhnya. Lalu yang lain mengabaikannya karena merasa tidak lagi membutuhkannya.

Sebenarnya tidak ada istilah terlalu tua untuk menuai hasil dari minum susu. Susu adalah sumber vitamin dan nutrisi yang sangat bagus.

Dilansir dari laman Fitday, Jumat (30/4/2021), ini dia deretan manfaat kesehatan yang didapat dari rajin minum susu.

Baca juga: Susu Tinggi Protein Bisa Jadi Asupan Alternatif Pasien Kanker saat Puasa 

1. Kulit sehat dan bercahaya

Cleopatra mandi susu untuk membantu kulitnya tetap lembut, kenyal, dan bercahaya. Anda dapat melakukan hal yang sama atau bisa meminum beberapa gelas susu utuh setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Susu memiliki beberapa nutrisi yang membantu memelihara. Susu memiliki asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant dan enzim untuk membantu menghaluskan kulit.

Susu juga memiliki asam amino yang membantu menjaga kelembapan kulit. Susu dapat membantu mencegah kerusakan dari racun lingkungan karena memiliki antioksidan.

Susu. (Foto: Jagoda Kondratiuk/Unsplash)

2. Tulang dan gigi yang sehat

Susu adalah sumber kalsium yang bagus dan penting untuk kesehatan tulang. Tidak hanya anak-anak kecil yang membutuhkannya saat tulang mereka tumbuh, tetapi orang dewasa juga membutuhkannya untuk menjaga tulang mereka tetap kuat dan untuk mencegah osteoporosis.

Susu juga bagus untuk gigi yang kuat, dan membantu mencegah kerusakan gigi. Supaya kalsium dapat diserap oleh tubuh, vitamin D harus ada. Jika Anda kekurangan vitamin D, belilah susu yang diperkaya dengan vitamin D ekstra untuk memastikan tubuh Anda menyerap kalsium.

Baca juga: Bolehkah Minum Susu saat Santap Sahur? 

3. Memperkuat otot

Susu mengandung protein yang membantu membangun kembali otot. Minumlah segelas susu setelah olahraga untuk memberikan pemulihan tubuh. Ini akan membantu untuk menjauhkan rasa lelah dan nyeri sambil mengisi kembali cairan yang hilang selama latihan Anda.

4. Penurunan berat badan

Studi menunjukkan bahwa wanita yang minum susu rendah lemak atau skim kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak menyertakan susu dari makanannya. Ini adalah makanan pembuka yang enak dan membuat camilan yang sehat. Tambahkan segelas untuk makan malam anda, atau minum segelas sambil makan sepotong buah.

Baca juga: Jarang Nasi, Ini Menu Sahur Arya Saloka dan Putri Anne yang Ngaku Team Pelor 

5. Mengurangi stres

Susu adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres di penghujung hari. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf. Susu juga telah terbukti meningkatkan energi. Lain kali jika Anda merasa letih, cobalah minum segelas susu sambil berendam di bak mandi busa.

6. Menyehatkan tubuh

Susu memiliki khasiat yang menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Ini mengurangi produksi kolesterol hati, dan dapat bertindak sebagai antasid. Vitamin A dan B dalam susu dapat membantu membuat penglihatan yang lebih baik. Susu juga telah terbukti membantu menurunkan risiko kanker tertentu.

Ada beberapa jenis susu yang beredar di pasaran, seperti susu utuh, rendah lemak, dan bebas lemak. Jika Anda khawatir tentang hormon pertumbuhan yang digunakan dalam susu, pilih cara organik. Dengan semua jenis susu yang tersedia, Anda seharusnya dapat menemukan sesuatu yang sesuai pola makan dan kebutuhan gizi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini