4 Manfaat Cokelat Hitam, Salah Satunya Bikin Kulit Cantik

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 298 2403513 4-manfaat-cokelat-hitam-salah-satunya-bikin-kulit-cantik-JejsepEgjN.jpg Cokelat hitam (Foto: Indvstrvs)

Kabar baik bagi mereka yang menyukai makanan manis, makan cokelat hitam bisa menyehatkan loh. Anda akhirnya bisa menikmati camilan favorit Anda tanpa rasa bersalah.

Sebaiknya yang dikonsumsi jenis cokelat hitam, karena persentase kakaonya tinggi. Anda akan lebih sehat jika anda makan secukupnya, hanya satu atau dua potong sehari.

Dikutip dari realbuzz, berikut manfaat kesehatan yang dapat anda nikmati dari makan cokelat hitam.

 cokelat hitam

1. Membantu menurunkan berat badan

Cokelat tidak harus menjadi alasan kenaikan berat badan, menurut ahli saraf Will Clower. Dalam bukunya Eat Chocolate, Lose Weight, dia menjelaskan bagaimana makan sepotong dark chocolate 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan dapat mengurangi nafsu makan anda hingga 50 persen.

Menurut Clower, ini karena cokelat memicu hormon yang memberi tahu otak anda "Saya kenyang". Namun, ingatlah bahwa ini hanya berlaku untuk dark chocolate yang kaya akan kakao.

2. Memberi kekuatan otak

Berkat kandungan flavanol pada cokelat akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak, Coklat hitam merupakan makanan otak yang sangat baik, sehingga para peneliti menguji propertinya dengan pasien Alzheimer.

Dalam uji coba yang diterbitkan oleh Nature Neuroscience, ditemukan bahwa "intervensi flavanol tinggi ditemukan untuk meningkatkan fungsi dentate gyrus (DG)" - DG menjadi wilayah otak di mana "fungsi menurun sehubungan dengan penuaan manusia". Meskipun penelitian tersebut menjelaskan flavanol memiliki potensi untuk membantu penderita Alzheimer, namun flavanol tidak dapat mencegah penyakit sepenuhnya.

3. Membuat kulit cantik

Flavonoid bekerja juga pada kulit anda, bertindak sebagai filter untuk sinar UV yang berbahaya dan melindungi anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Diketahui juga, cokelat hitam adalah pereda stres yang hebat, yang juga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas kerutan.

4. Obat manjur dari alam

Cokelat hitam adalah obat anti penyakit, dengan bukti yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya yang tinggi berpotensi menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan aliran darah. Dipercaya bahwa flavanol yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel (lapisan arteri) untuk memproduksi oksida nitrat, yang pada gilirannya melemaskan arteri dan akibatnya, menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatan energi

Jika anda ingin mencoba untuk tidak minum kopi namun ingin tetap aktif, cokelat hitam bisa menjadi jawabannya. Ada 43mg kafein per setiap 100g. Sebuah studi baru-baru ini dari Universitas Kingston London juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat bermanfaat bagi para atlet. Berkat kemampuan cokelat hitam untuk meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen keseluruh otot, membuat mereka lebih aktif dan bertenaga.

6. Membantu hidup lebih lama

Sampai saat ini, Jeanna-Louise Calment adalah orang 'terverifikasi' tertua yang pernah hidup, mencapai ulang tahunnya yang ke 122. Rahasia Jeanna? Dia menyukai coklat, yang mengandung antioksidan, yang membantunya mencapai usia yang memecahkan rekor itu. Selain coklat hitam, rumornya adalah bahwa dia juga penggemar minyak zaitun dan mengendarai sepedanya. Namun yang jelas, kombinasi dari ketiganya, membuat tetap fit sampai usia 122 tahun.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini