Sajian Sedap Tekwan, Si Baksonya Palembang!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 298 2403622 sajian-sedap-tekwan-si-baksonya-palembang-Juh1JkCbJj.jpg Tekwan khas Palembang (Foto : Cookpad)

Selain pempek, Palembang juga terkenal akan tekwan sebagai makanan khasnya. Tekwan yang juga sering disebut sebagai baksonya Palembang ini, dibuat menggunakan bumbu yang hampir sama dengan pempek.

Nah, tekwan ini biasanya juga jadi salah satu menu buka puasa favorit di Palembang. Apalagi kalau sudah mulai bosan makan nasi untuk berbuka, tekwan langsung jadi pilihan.

Nah, kalau mau mencicipi tekwan, bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk mencobanya.

Berikut resep tekwan yang dikutip dari Cookpad, Jumat (30/4/2021).

Tekwan

Bahan-bahan:

- 500 gr ikan tenggiri giling

- 350 gr sagu tani

- 200 ml air es

- 2 btr putih telur

- 4 siung bawang putih

- 1,5 sdm garam halus

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdt penyedap/kaldu jamur

Baca Juga : Resep Gorengan Bakwan, Menu Favorit Iis Dahlia saat Berbuka Puasa

Cara membuat:

- Blender ikan tenggiri sampai benar-benar halus. Campurkan ikan tenggiri dengan 200ml air es sampai pure.

- Campurkan dengan bawang putih yang telah dihaluskan. Lanjutkan dengan putih telur. Lalu berikutnya dengan gula, garam, dan penyedap. Aduk rata dengan spatula.

- Masukkan tepung sagu tani secara bertahap. Sambil diaduk asal tercampur rata saja. Didihkan air di panci, masukkan 1sdt minyak dan 1 sdt garam.

- Lumuri tangan dengan minyak. Masukkan adonan tekwan dengan cara dicubit. Sambil diaduk di panci, angkat tekwan yang telah mengapung. Selamat mencoba :)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini