Catat! Ini Waktu Tak Tepat Makan Pisang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 298 2403647 catat-ini-waktu-tak-tepat-makan-pisang-Lfk75ddpiu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH pisang memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, apalagi jika Anda rajin berolahraga. Tapi, pisang juga memiliki dampak negatif loh jika dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat.

Pisang selalu dijadikan menu utama untuk sarapan, biasanya disantap bersama yoghurt atau jadi buah pencuci mulut. Tapi, jangan sekali-kali menyantap pisang saat perut Anda kosong.

Meskipun pisang adalah salah satu makanan yang mengandung kalium dan magnesium terbaik, bila dikonsumsi saat perut kosong, dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh. Sifat asam dari pisang juga dapat memperburuk dan menyebabkan masalah usus.

Pisang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pisang mengandung tinggi gula, yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Tetapi jika dimakan pada waktu perut kosong, Anda justru kehilangan energi dalam waktu beberapa jam.

Maka ahli gizi menyarankan Anda untuk makan pisang dengan kombinasi makanan lainnya. Pisang paling cocok dimakan bersama oatmeal, roti gandum, pancake, atau dibuat smoothies untuk minuman pendamping menu sarapan pagi.

Terlepas dari itu, jika buah pisang dimakan dalam kondisi yang benar, dapat mempromosikan kesehatan jantung, kontrol tekanan darah, menghindari kelelahan, sembelit, maag, dan banyak lagi. Makan pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dan menyembuhkan anemia.

Buah ini bahkan mengandung triptofan, vitamin B, besi, dan vitamin B6. Manfaatnya juga dapat membentuk sel darah merah dengan alami. Karena itu, Anda harus memilih waktu yang tepat jika ingin konsumsi pisang.

Akan lebih baik Anda tidak mengandalkan pisang untuk mengganjal perut yang lapar. Karena nutrisi baiknya malah tidak dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna.

Di manapun berada Anda harus menyediakan stok makanan yang aman dikonsumsi dalam kondisi apapun. Seperti memilih buah-buahan segar lainnya yang tak kalah mengandung serat dan vitamin, demikian dilansir Boldsky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini