Hindari Minum Kopi saat Sahur, Ketahui Alasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403152 hindari-minum-kopi-saat-sahur-ketahui-alasannya-AZu5wTEjGf.jpg Minuman kopi. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

KETIKA melaksanakan rutinitas sahur di bulan Ramadhan, setiap Muslimin disarankan mengonsumsi asupan sehat. Ini supaya tubuh kuat ketika menjalankan ibadah puasa. Tapi ada yang gemar minuma kopi ketika sahur. Apakah ini boleh?

Sebagaimana diketahui, kopi mengandung kafein yang tidak bisa diterima tubuh semua orang. Ya, ada beberapa orang yang intoleran dengan kafein yang menyebabkan efek nyeri lambung, jantung berdebar, hingga sensasi tidak nyaman di area mulut.

Baca juga: Suka Minum Kopi saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Dampaknya bagi Kesehatan 

Sedangkan untuk pencinta kafein, zat aktif tersebut justru dinantikan agar membuat tubuh terasa lebih segar dan berstamina. Nah, perasaan itu yang kemudian dimanifestasi ke suasana puasa. Dengan minum kopi saat sahur, diharapkan tubuh lebih fit dan berenergi.

Ilustrasi minuman kopi.

Terkait hal ini, pakar kesehatan Profesor Ari Fahrial Syam tidak menyarankan minum kopi saat sahur, sekalipun bagi para pencinta kopi. Pasalnya, ini akan menimbulkan efek buruk pada ketersediaan air di dalam tubuh.

Baca juga: Terungkap, Minum Kopi Sebelum Olahraga Tingkatkan Pembakaran Lemak 

"Kami tidak menganjurkan siapa pun minum kopi saat sahur, karena minuman itu akan memberi efek buang air kecil yang berlebihan," ungkap Prof Ari saat diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Dalam laman Dinas Kesehatan Yogyakarta diterangkan, kafein menyebabkan otot kandung kemih melemah. Ini membuat tempat penampungan air seni tidak bisa menampung terlalu banyak cairan di dalamnya. Alhasil, bisa membuat seseorang sering buang air kecil.

Baca juga: Usai Minum Kopi Jangan Buru-Buru Buang Ampasnya, Ini Manfaatnya 

Sementara Prof Ari tidak mempermasalahkan jika minum kopi saat bulan Ramadhan. Namun saat waktu malam hari, dan tidak saat buka puasa.

"Kalau mau minum kopi silakan saat malam hari setelah selesai makan besar buka puasa. Minum kopi di momen ini tujuannya biar enggak mengantuk saat Sholat Tarawih. Dengan catatan, lambung Anda memang oke," jelas dokter spesialis penyakit dalam ini.

Kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini