Memutihkan Gigi secara Alami, Konsumsi Saja 5 Makanan Ini

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403237 memutihkan-gigi-secara-alami-konsumsi-saja-5-makanan-ini-DaqXYe3H2a.jpg Ilustrasi gigi putih secara alami. (Foto: Racool Studio/Freepik)

GIGI putih cerah adalah dambaan semua orang. Tetapi bagaimana jika Anda menyukai minuman berwarna yang dapat membuat gigi kusam? Tenang saja, ternyata memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami. Caranya, mengonsumsi makanan bernutrisi.

Asupan sehat dan bernutrisi memang bisa memberikan kesehatan lebih pada tubuh, termasuk gigi. Kandungan vitaminnya bisa mencerahkan gigi yang terlihat buram lho.

Lantas, apa saja makanan yang bisa memutihkan gigi? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari laman aarp.org, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Trik Putihkan Gigi dengan Minyak Kelapa, Begini Caranya 

1. Buah stroberi

Buah kecil merah yang satu ini memiliki kandungan enzim yang disebut asam malat. Kandungan inilah yang dapat membantu memutihkan gigi. Caranya dengan menghaluskan stroberi dan usapkan pada gigi. Biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dan sikat serta benang gigi seperti biasa.

Stroberi. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Buah dan sayuran renyah

Buah dan sayuran renyah seperti wortel, apel, dan lainnya dapat dijadikan penghilang noda alami dengan meningkatkan produksi air liur. Ini berfungsi sebagai agen pembersih mulut sendiri. Buah dan sayuran itu juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, dan faktor kegentingannya berfungsi untuk menggosok gigi hingga bersih.

3. Buah asam

Makan buah-buahan asam seperti jeruk dan nanas dapat menyebabkan mulut menghasilkan lebih banyak air liur yang bisa mencuci gigi secara alami. Tetapi, harus diperhatikan kandungan asamnya tidak boleh berlebihan.

Baca juga: Asal Usul Gigi Gingsul, Ternyata Bukan Penyakit Lho 

4. Olahan susu

Yoghurt, susu, dan keju merupakan olahan susu yang mengandung asam laktat. Kandungan ini dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan. Peneliti berpendapat protein dalam yoghurt dapat mengikat gigi dan mencegahnya dari serangan asam berbahaya yang menyebabkan gigi berlubang. Keju keras paling baik untuk memutihkan karena membantu menghilangkan partikel makanan juga.

5. Soda kue

Bahan rumahan yang satu ini dapat dijadikan sebagai obat pemutih gigi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dapat menghilangkan plak gigi lebih baik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini