BPOM Resmi Beri Izin Penggunaan Vaksin Sinopharm

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403355 bpom-resmi-beri-izin-penggunaan-vaksin-sinopharm-HY9BVoTe3I.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM), resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinopharm dari China. Rencananya akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong.

"Kami sampaikan pengumuman, bahwa sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institute, Sinopharm," ujar kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi persnya secara virtual, Jumat (30/4/21).

vaksin covid-19

Penny melanjutkan, terkait dengan evaluasi keamanan dan khasiat vaksin Covid-19 tersebut, tim ahli bersama ITAGI dan para ahli klinis telah memastikan keamanannya, Sinopharm dapat menunjukan reaksi aman.

Dalam uji klinis tahap III di UEA, vaksin Sinopharm terbukti efektif melawan virus Corona mencapai 86 persen.

Baca Juga : Syahrini Pakai Jaket Rp134 Juta Naik Helikopter, Mewahnya Terpampang Nyata Bukan Fatamorgana!

Vaksin Sinopharm diproduksi oleh perusahaan National Pharmaceutical Group yang berbasis di Beijing, China. Kemudian vaksin Sinopharm didaftarkan oleh PT Kimia Farma, di mana yang merupakan vaksin produksi Beijing-Bio Institute Biological Products.Co., LtD China.

Sementara itu,Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menambahkan, pihaknya telah menyimpan 35 juta dosis vaksin covid-19 untuk program vaksinasi mandiri.

"Total semua vaksin sampai hari ini kita sudah memiliki lebih kurang 35 juta dosis," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini