Menyikapi Kelompok Antivaksin, Dokter: Diemin Saja!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403376 nyikapin-antivaksin-dokter-diemin-saja-S0J9w88GVK.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Sampai saat ini, kelompok antivaksin atau mereka yang menolak menggunakan vaksin masih ada. Kelompok ini sejatinya tidak apa ada, tetapi menjadi masalah ketika mereka mulai mengajak orang lain untuk mempercayai paham mereka.

Mungkin sebagian dari Anda bakal tersulut emosi saat mendengar paham-paham atau pemikiran kaum antivaksin. Tapi, menurut Prof Soedjatmiko, kaum antivaksin jangan dilawan atau ditanggapi.

vaksin covid-19

"Ketika kaum antivaksin sudah mulai mengeluarkan pahamnya di media sosial, maka disarankan untuk jangan membantah mereka, jangan mengomentari pahamnya, karena tidak akan berubah pemahaman mereka mengenai imunisasi," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4/2021).

Mengapa Prof Soedjatmiko memberi saran tersebut?

Menurutnya, ketika kaum antivaksin ini diajak berdebat atau paham mereka ditanggapi, maka yang ada hanyalah makin berisik dan nyaring suara mereka. "Jadi, diemin saja sudah," tambahnya.

Baca Juga : Imunisasi Nasional 2020 Menurun, Juli Sekolah Tatap Muka Jadi Berbahaya?

Hal ini pun akan memengaruhi pola berpikir kelompok yang masih ragu. Sehingga, ada baiknya tidak memperdebatkan paham-paham antivaksin.

Anda berhak bertindak jika mereka sudah melancarkan maksud membujuk atau mengajak orang lain supaya satu pemahaman dengan Anda. Artinya, ketika sudah ada kalimat ajakan di sana pun keterangan yang mereka sampaikan mengandung unsur kebencian.

"Kalau sudah begitu, jangan ragu untuk lapor dinas kesehatan atau polisi karena apa yang mereka lakukan sudah menggangu suksesnya imunisasi pemerintah," tambah Prof Soedjatmiko.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini