Imunisasi Anak di Masa Pandemi, Orangtua Wajib Persiapkan 6 Hal Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403443 imunisasi-anak-di-masa-pandemi-orangtua-wajib-persiapkan-6-hal-ini-uLg9b36vot.jpg Ilustrasi imunisasi anak. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH tetap menggaungkan pentingnya imunisasi anak selama masa pandemi covid-19. Pasalnya, pemerintah ingin memastikan setiap anak dan kelompok rentan terlindung dari penyakit berbahaya dengan imunisasi.

Pelayanan imunisasi tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Secara operasional pelayanan imunisasi di puskesmas maupun posyandu mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Yuk Ketahui Beragam Manfaat Imunisasi bagi Anak-Anak 

Guna mendukung upaya ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan surat edaran yang menekankan bahwa imunisasi harus tetap dilaksanakan di masa pandemi covid-19. Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat terhadap anak-anak, orangtua, maupun petugas kesehatan.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, Jumat (30/4/2021), berikut hal-hal yang wajib dilakukan orangtua saat membawa anak imunisasi di masa pandemi Covid-19. Yuk disimak.

Ilustrasi imunisasi anak.

1. Membuat janji temu di fasilitas kesehatan.

2. Datang tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

3. Menggunakan masker.

4. Cuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer.

5. Selalu menjaga jarak

6. Segera membersihkan diri atau mandi serta mengganti semua kain atau linen anak dan pengantar (pakaian, bedong, gendongan) serta lain-lain yang dibawa ke faskes.

Baca juga: Jangan Tunda Imunisasi Anak, Ini 4 Trik Vaksinasi di Kala Pandemi 

Selama masa pandemi covid-19, imunisasi tetap harus diberikan sesuai jadwal, dan pelayanan imunisasi di puskesmas, fasyankes lain, serta posyandu di masa pandemi aman karena dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini