Berhenti Merokok, Tubuh Akan Merasakan 5 Dampak Positif Ini

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403512 berhenti-merokok-tubuh-akan-merasakan-5-dampak-positif-ini-9E9v6UdpXg.jpg Ilustrasi berhenti merokok. (Foto: Freepik)

BANYAK tengah berjuang untuk bisa sepenuhnya berhenti merokok. Jika benar-benar bisa melakukannya, banyak hal mengejutkan yang akan dirasakan tubuh ketika berhenti merokok.

Selain menghabiskan uang, merokok meningkatkan risiko negatif atas kondisi kesehatan, seperti sakit kanker dan jantung. Anda tidak akan menduga bahwa tubuh akan berubah ketika berhenti merokok.

Dikutip dari laman Geisinger, Jumat (30/4/2021), berikut ini beberapa manfaat berhenti merokok.

Baca juga: Ingin Berhenti Merokok, Coba Pakai Cara Ini! 

1. Tekanan darah kembali normal

Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan denyut nadi dan tekanan darah meningkat, dan ini akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Tetapi hanya dalam waktu 20 menit setelah mengisap rokok terakhir, tekanan darah akan mulai normal lagi.

2. Bernapas lebih lega

Hanya dalam 8 jam setelah berhenti merokok, kadar oksigen tubuh bakal meningkat dan fungsi paru-paru mulai membaik. Saat paru-paru membaik, sesak napas mulai berkurang, lebih sedikit batuk dan merasa mudah bernapas dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Berhenti merokok. (Foto: Freepik)

3. Risiko terkena kanker menurun

Setelah mengisap rokok terakhir, risiko terkena kanker paru-paru berkurang setengahnya. Risiko terkena kanker esofagus, kandung kemih, dan pankreas juga juga jauh berkurang.

4. Kulit, rambut, dan kuku terlihat lebih baik

Merokok menodai gigi dan kuku dengan lapisan kuning yang tidak sedap dipandang. Itu juga bisa merusak kulit dan membuat rambut rapuh. Berhenti merokok membuat aliran darah menjadi lancar, membuat kulit bercahaya, dan senyum terlihat cerah.

Baca juga: Tak Mau Penyakit Komorbid Makin Parah? Jangan Merokok! 

5. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Saat berhenti merokok, maka membantu jantung lebih sehat. Dalam 8 minggu setelah berhenti, kadar kolesterol akan menjadi normal. Setelah 1 tahun tidak merokok, risiko penyakit jantung berkurang setengahnya. Setelah 15 tahun bebas nikotin, risiko terkena penyakit jantung sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini