Cara Ketahui Kecukupan ASI Si Kecil, Simpel Kok Bunda!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 481 2403688 cara-ketahui-kecukupan-asi-si-kecil-simpel-kok-bunda-S43nlIGNN9.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Kecukupan Air Susu Ibu (ASI) pada anak sangat penting. Sebab hal tersebut akan memengaruhi tumbuh kembang sang anak di masa depan. Meski demikian masih banyak orangtua yang bingung untuk mengetahui apakah ASI-nya telah cukup memenuhi kebutuhan sang bayi.

Dokter Spesialis Anak sekaligus Konselor Laktasi, dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A mengatakan, untuk mengetahui tanda ASI seorang ibu menyusui itu cukup atau tidak, caranya sangat simpel.

Ibu Menyusui

“Caranya hanya dua. Bisa melihat apakah bayi buang air kecilnya jernih. Buang air kecil pada bayi baru lahir tidak sama dengan yang seminggu,” terang dr. Wiyarni, dalam festival 100 persen ASIMOR, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga : Apakah Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Divaksin Covid-19?

Menurutnya, seorang bayi akan buang air kecil dengan jumlah hari kelahirannya dan berlangsung hingga enam hari. Misalnya hari pertama buang air kecil sekali. Hari kedua dua kali buang air kecil dan begitu seterusnya.

“Kalau air seni cukup berarti asupan cairan cukup. Kenaikan berat badan setiap menimbang akan diplot di grafik. Yang nggak boleh adalah kalau berat badannya turun lebih dari 10 persen. Kita harapnya terus naik,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini