Tips Mencuci Masker Kain ala Dokter, Baca Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 612 2403490 tips-mencuci-masker-kain-ala-dokter-baca-yuk-pMsmByj2BZ.jpg Masker kain (Foto: Viva NZ)

Covid-19 dapat menyebar melalui udara. Karena itu, masyarakat diminta untuk menutup bagian hidung dan mulut mereka dengan menggunakan masker guna melindungi diri dan orang lain terhadap paparan virus corona.

 

Masker kain juga menjadi barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Masker penting digunakan agar tak terkena virus corona.

 masker kain

Mengingat fungsinya yang sangat penting, merawat masker kain menjadi hal yang sangat krusial. Terlebih pada saat proses pencucian masker, jika tidak dilakukan dengan benar tentunya dapat mempengaruhi kualitas masker tersebut.

"Untuk masker kain memang jadi krusial karena proses pencucian jadi sangat penting. Apalagi masker kain kan dipakai orang sebagai alternatif yang ramah lingkungan dan lebih murah," tutur Praktisi Kesehatan Dokter Fala Adinda, Jumat (30/4/2021).

Dokter Fala menjelaskan, penggunaan deterjen untuk pencucian masker sangat diperlukan. Ia menyarankan agar Anda mencari kualitas deterjen yang mumpuni guna mempertahankan kualitas masker.

"Carilah kualitas deterjen yang mumpuni agar proses pencucian lebih maksimal. Karena masker sangat penting untuk melindungi diri dan orang lain dari Covid-19," jelasnya.

Selain itu, meski masker kain dapat digunakan berkali-kali, namun durasi pemakaian tetap memiliki aturan. Ini berarti, durasi penggunaan masker kain dan masker medis sama-sama memiliki batas. Setelah melewati batas, masker medis dapat dibuang, sedangkan masker kain dapat dicuci.

"Cucilah masker sesering mungkin, pilih deterjen yang berkualitas baik, serta perhatikan lapisan masker," tukasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini