Mengenal Layanan Dukungan Psikososial, Penting Dilakukan Pasca-Bencana

Widya Michella, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 612 2403573 mengenal-layanan-dukungan-psikososial-penting-dilakukan-pasca-bencana-FTZKeYQavs.jpg Ilustrasi layanan dukungan psikososial (LDP) pasca-bencana. (Foto: Instagram @kemensosri)

LAYANAN dukungan psikososial (LDP) merupakan langkah yang diberikan untuk pemulihan pasca-bencana. Gerakan pemulihan psikologis dan sosial ini diinisiasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

"Selain dampak fisik, kondisi psikologis dan sosial seseorang yang mengalami bencana atau kecelakaan juga rentan mengalami guncangan. Trauma juga mungkin dirasakan khususnya bagi kelompok rentan seperti anak-anak dan perempuan," tulis akun resmi @kemensosri, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Berhenti Merokok, Tubuh Akan Merasakan 5 Dampak Positif Ini 

LDP biasa dilakukan oleh tim pekerja sosial maupun psikolog yang berfokus pada penguatan resiliensi (aspek psikologis) serta interaksi sosial (aspek sosial) antar-individu dengan lingkungannya.

Polwan hibur anak-anak korban gempa untuk hilangkan trauma akibat bencana alam itu di Posko Pengungsian Desa Tanjung, Lombok Utara, NTB, Rabu (8/8/2018). (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

Misalnya saat Kemensos melakukan LDP untuk keluarga awak KRI Nanggala-402, anak-anak korban bencana Badai Seroja di Nusa Tenggara Timur, korban banjir bandang di Kabupaten Sumba Timur, dan lain-lain.

Baca juga: Perbaiki Kualitas Hidup, Ramadhan Momentum Puasa dari Media Sosial 

LDP wujud turut berempati dan memberikan penguatan serta dukungan moriil bagi keluarga yang terdampak bencana. Balai-balai sosial di daerah dapat memberikan LDP terhadap keluarga, anak-anak, dan perempuan yang terdampak bencana tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini