Gatal Akibat Kurap, Coba Atasi dengan 4 Pengobatan Rumahan Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 481 2403833 gatal-akibat-kurap-coba-atasi-dengan-4-pengobatan-rumahan-ini-QVcb6cdFpc.jpg Minyak kelapa (Foto: Pexel)

Saat musim hujan seringkali kita terserang kurap jika tak menjaga kebersihan dengan baik. Kurap menyebabkan kulit Anda menjadi merah dan gatal.

Namun Anda tak perlu khawatir sebab kurap bisa diobati, baik dengan salep yang dibeli di apotek, maupun pengobatan rumahan. Dilansir dari laman Femina India, berikut ini cara mengatasi kurap dengan pengobatan rumahan.

 sabun

1. Sabun dan air

Anda harus menjaga kebersihan area yang terinfeksi saat terkena kurap. Ini membantu mencegah ruam menyebar lebih jauh dan membantu mengendalikan area yang terinfeksi. Sebelum menerapkan pengobatan rumahan lain di atasnya, cuci area yang terinfeksi secara teratur dengan air dan sabun antibakteri. Setelah mandi, keringkan area tersebut sepenuhnya, karena kelembapan memudahkan jamur untuk menyebar.

 

2. Minyak kelapa

Ada khasiat antijamur dan mikroba dalam minyak kelapa yang dapat membantu menyembuhkan infeksi kurap. Ini adalah pengobatan rumahan yang efektif untuk kurap dan infeksi jamur lain.

Minyak kelapa bisa menjadi pengobatan yang ideal untuk kurap kulit kepala karena mudah dioleskan ke kulit kepala dan kondisioner rambut yang efektif. Untuk pemakaiannya, hangatkan minyak kelapa hingga menjadi cair, oleskan langsung ke area yang terinfeksi. Ini akan dengan mudah menyerap ke dalam kulit. Terapkan setidaknya tiga kali sehari.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki khasiat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap jika dioleskan pada area yang terinfeksi. Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel murni dan oleskan bola kapas dengan lembut ke kulit Anda. Lakukan ini tiga kali sehari.

 

4. Kunyit

Kunyit memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antaranya sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Ini juga merupakan antijamur efektif yang mencegah pertumbuhan. Campurkan bumbu kunyit dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke kulit Anda dan biarkan sampai mengering. Anda juga bisa minum air kunyit atau teh kunyit setiap hari untuk mendapatkan manfaat internalnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini