Mimpi Basah Siang Hari saat Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa?

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 612 2404069 mimpi-basah-siang-hari-saat-ramadhan-apakah-membatalkan-puasa-jW9VBMWnDQ.jpg Ilustrasi tidur. (Foto: Yanalya/Freepik)

WAKIL Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam menuturkan bahwa keluarnya air mani saat tidur atau dikenal istrilah mimpi basah tidak membatalkan puasa. Sebab, hal itu bukanlah sesuatu yang disengaja.

"Air mani atau sperma yang keluar tanpa disengaja hukumnya tidak sampai membatalkan puasa seseorang. Seperti yang sering disebut dengan istilah mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadhan, sebab orang yang tidur tidak punya kuasa mengendalikan mimpinya," kata Ustadz Abu Hurairah kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Yuk Rajin-Rajin Memberi Makanan Buka Puasa, Ini Keutamaannya 

Lebih lanjut ia menerangkan, lain halnya jika seseorang dengan sengaja mengeluarkan air maninya, maka ini membatalkan puasa.

"Baik dengan cara onani maupun dengan cara bercumbu dengan pasangannya hingga keluar air maninya," terang dia.

Ilustrasi tidur. (Foto: Medicalnewstoday)

Sementara itu, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma'arif (Buya Yahya) mengatakan bersanggama adalah salah satu penyebab batalnya puasa, yakni masuknya kemaluan laki-laki terhadap kemaluan perempuan dengan cara disengaja.

"Dia tahu dia puasa malah sengaja (bersanggama), kalau dia lupa sedang puasa lain cerita," ucapnya.

Baca juga: Perbaiki Kualitas Hidup, Ramadhan Momentum Puasa dari Media Sosial 

Namun lain halnya pula jika seseorang sedang tidur dan mimpi basah, sehingga tanpa disadari keluarlah air maninya. Perbuatan tersebut termasuk tidak disengaja dan puasanya masih sah dijalankan.

"Kemudian jika ada orang mimpi basah keluar mani tidak batal puasanya karena tidak sengaja. Lagi tidur di siang hari tiba-tiba mimpi basah dilihat ada air mani, tidak batal puasanya," pungkas dia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini