4 Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 481 2404227 4-menu-makanan-sehat-yang-baik-untuk-penderita-diabetes-OMXINkbJya.jpg Ilustrasi penderita diabetes. (Foto: Xb100/Freepik)

PENDERITA diabetes harus rajin menjaga kadar gula darah tetap normal. Salah satunya bisa melalui menu makanan sehat. Pola makan dan gaya hidup sehat ini memberikan peran utama dalam mengelola diabetes.

Pola makan yang seimbang dan berkelanjutan memberi solusi jangka panjang bagi penderita diabetes. Dikutip dari laman Feminaindia, Minggu (2/5/2021), ini empat menu makanan sehat yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Baca juga: Penderita Diabetes Boleh Kok Berbuka dengan yang Manis-Manis, Ini Penjelasannya 

1. Yoghurt dan mentega susu

Yighurt dan mentega susu baik dikonsumsi sebagai camilan pagi hari atau dua kali makan dalam sehari. Ini membantu penderita diabetes terhidrasi dengan baik dan tetap dingin, serta meningkatkan kesehatan usus.

Segelas susu kunyit 30 menit sebelum tidur juga menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kadar gula sepanjang malam. Jika tidak memiliki bahan-bahan tersebut, bisa menyiapkan limun tanpa gula yang baru disiapkan di siang hari.

Ilustrasi diabetes. (Foto: Boldsky)

2. Konsumsi makanan sehat antara pukul 17.00 hingga 19.00

Makanan sehat yang dikonsumsi selama waktu ini menentukan ukuran porsi makan malam. Sebagian besar orang cenderung ngemil atau makan sesuatu yang tidak sehat selama waktu ini dan sangat penting merencanakan makanan sehat. Bisa menikmati kacang-kacangan, sandwich panggang sayuran, atau roti panggang telur.

3. Mulai konsumsi labu

Labu sebenarnya melindungi tubuh dari segala jenis fluktuasi gula. Labu mengandung banyak air, serat, dan vitamin seperti A dan C. Selain itu, labu mempercepat penurunan berat badan sekaligus memberi rasa kenyang. Oleh karena itu, buatlah labu, sediakan sebotol roti labu, kari labu pahit, subzi labu ivy atau jenis lainnya tergantung selera.

Baca juga: Yuk Ketahui Deretan Langkah Mencegah Diabetes 

4. Hindari makanan manis serta pemanis buatan

Hindari makanan dan pemanis yang direkayasa atau barang dalam kemasan dilengkapi dengan banyak natrium tambahan, pengawet, dan gula tersembunyi. Ini meningkatkan kadar gula darah serta membuat terbiasa dengan rasanya bersama dengan menyebabkan komplikasi lain seperti hipertensi, penambahan berat badan, dan peningkatan kadar kolesterol. Jadi, pisang segar atau semangka yang tersedia secara lokal di atas biskuit krim kemasan adalah pilihan yang baik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini