Puasa Bikin Anda Cepat Ngantuk? Ternyata Ini Penyebabnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 612 2404236 puasa-bikin-anda-cepat-ngantuk-ternyata-ini-penyebabnya-ELrPRqj7rR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN lapar, salah satu yang sering kita alami saat berpuasa adalah ngantuk. Memang, tidur bisa disebut menjadi salah satu ibadah saat puasa.

Tapi, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa dan harus menjalankan sehari-hari hari, salah satu contohnya bekerja, memang akan terganggu jika Anda mengantuk.

Tidak bisa ditampik, banyak orang yang merasa lebih mudah mengantuk saat berpuasa di bulan Ramadan daripada di hari-hari normal pada umumnya. Rasa kantuk ini datang, biasanya terutama ketika di jam-jam bekerja.

Tapi tak perlu cemas, karena rasa kantuk saat berpuasa di bulan Ramadan ini adalah hal yang biasa. Seperti dikutip Hrin Asia, hal ini dikarenakan saat berpuasa maka kadar gula darah akan menurun saat berpuasa sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi.

Ngantuk

Hal tersebut berujung pada rasa kantuk yang dapat mempengaruhi produktivitas, terutama di jam-jam tertentu yang rentan contohnya sekitar pukul 2 siang hingga 5 sore.

Selain itu, faktor adanya perubahan pola hidup selama bulan Ramadan juga dikatakan menjadi salah satu faktor pemicu. Dalam Jurnal of Research Medical Science, disebutkan bahwa rutinitas berpuasa selama Ramadan bisa memengaruhi pola tidur, mengingat adanya waktu santap sahur di jam dini hari.

Selain itu, beberapa perubahan kebiasaan dan gaya hidup terjadi selama Ramadan. Mulai dari jam mulai bekerja yang lebih siang, jam kerja aktif yang lebih pendek atau bahkan jadi lebih panjang bagi sebagian orang.

Semua ini, menjadi faktor yang memperlihatkan bahwa ada perubahan fisiologis dan perilaku yang terjadi selama bulan Ramadan.

Dalam jurnal tersebut dijelaskan, ada studi yang menyimpulkan waktu tidur dan waktu bangun yang lebih siang selama Ramadan, yang mana perubahan ini bisa memengaruhi durasi tidur dan kantuk di siang hari.

Mengingat adanya perubahan pola tidur karena harus bangun santap sahur sebelum waktu salat Subuh, untuk mencegah rasa kantuk tak tertahankan di siang hari saat beraktivitas maka dari itu pastikan kita mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari.

Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak, hindari tidur larut dan usahakan tidur lebih cepat dari biasanya. Pastikan memiliki tidur yang berkualitas sehingga bisa tetap segar saat bangun di pagi hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini