4 Cara Paling Tepat Habiskan THR, Beli Baju Baru Salah Satunya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 612 2404331 4-cara-paling-tepat-habiskan-thr-beli-baju-baru-salah-satunya-6mmUVKkgx6.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BAGI para pekerja, Lebaran memang menjadi salah satu hari keagamaan yang dinantikan. Meskipun tahun ini kita tidak bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung, tapi Tunjangan Hari Raya (THR) masih tetap diberikan kok.

Namun, meski THR merupakan sesuatu yang paling ditunggu-tunggu, kehadirannya bikin khawatir. Mengapa? Sebab, kalau tidak bisa memanfaatkannya dengan bijak, sekalinya datang bisa langsung habis.

Karenanya, agar tidak terjebak dalam kondisi tersebut, berikut MNC Portal Indonesia berikan tips bijak menggunakan THR di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (2/5/2021).

THR

Fokus untuk kebutuhan hari raya

Sesuai namanya, THR diberikan untuk memenuhi kebutuhan Anda di hari raya. Jadi, prioritaskan penggunaannya untuk keperluan lebaran. Seperti membayar zakat fitrah dan zakat mal, memberikannya ke sanak saudara, membeli baju, kue, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, kendalikan pengeluaran Anda dengan bijak. Jangan sampai Anda membeli terlalu banyak baju atau kue yang nantinya malah Anda harus merogoh tabungan karena dananya tidak cukup.

Sisihkan untuk ditabung

Apabila Anda tidak memiliki kebutuhan mendesak, lebih baik THR Anda ditabung saja. Dengan menabung, Anda bisa mengembangkan dana dengan mudah.

Selain itu, tabungan juga sangat berfungsi jika ada kebutuhan mendesak di kemudian hari. Jadi, Anda tidak perlu panik jika ada suatu kejadian mendadak yang membutuhkan biaya.

Gunakan untuk bayar utang

Jika dirasa Anda memiliki hutang yang tak cukup dilunasi dengan gaji reguler Anda, Anda bisa menggunakan dana THR untuk melunasinya.

Karena bagaimanapun, hutang merupakan kebutuhan yang harus diprioritaskan dibanding membeli baju baru, yang mungkin Anda sudah memilikinya dalam jumlah banyak di lemari Anda.

Manfaatkan untuk kebutuhan keluarga

Di masa pandemi saat ini, kita perlu lebih memperhatikan kesehatan baik diri kita dan keluarga. Selain itu, kegiatan sekolah akan memasuki tahun ajaran baru.

Sehingga, 20% dana THR dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya penting, seperti biaya kesehatan dan biaya sekolah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini