Tips Beli Baju Lebaran Aman dari Penularan Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 194 2404704 tips-beli-baju-lebaran-aman-dari-penularan-covid-19-TeJFz8AIyk.jpg Perempuan cantik beli baju lebaran (Foto : Sukardi/MNC Portal Indonesia)

Kluster pasar atau mal dikhawatirkan muncul menjelang Lebaran karena banyak orang ingin berburu baju baru. Terlebih, video Pasar Tanah Abang yang memperlihatkan keramaian orang viral di media sosial.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa budaya beli baju baru masih dijalankan di masyarakat meski di tengah pandemi Covid-19. Nah, untuk meminimalisir terbentuknya kluster belanja baju Lebaran, ada beberapa hal yang bisa dipraktikkan saat beli baju baru.

Diterangkan Desainer Modest Fashion, Jeny Tjahyawati, para pelaku bisnis sejatinya memiliki beberapa peraturan dalam memastikan upaya protokol kesehatan berlaku di butik atau toko bajunya.

Desainer

"Salah satu yang pasti adalah baju tidak boleh dijajal langsung ke tubuh. Aturan ini kami berlakukan sebagai upaya agar baju tak jadi sarana penyebaran virus Covid-19," kata Jeny, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : 4 Model Gamis Kombinasi Inspirasi Idul Fitri, Ayana Moon Cantik Banget!

Baca Juga : Intip Koleksi Baju Lebaran Yuni Shara, Ivan Gunawan dan Irfan Hakim di Ramadhan Runway 2021

Selain itu, di dalam toko atau gerai fashion hanya dipersilahkan maksimal dua orang yang masuk dengan 1 orang pelayan. Aturan ini pun diharapkan mampu meminimalisir kerumunan di dalam toko atau gerai busana.

"Jadi, kami berlakukan juga konsumen hanya boleh dua orang yang ada di dalam toko dengan 1 pelayan. Tindakan ini kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan orang di dalam toko," tambahnya.

Baju Lebaran

Di sisi kebersihan busana yang dijual pun Jeny menegaskan bahwa baju yang dipajang dipastikan bersih dan telah disemprot desinfektan sehingga pembeli aman saat memegangnya untuk memastikan kualitas produk.

"Kami imbau juga agar setelah membeli produk, konsumen diharap mencuci bajunya sesampainya di rumah. Tentu dengan sabun juga agar memastikan baju Lebarannya bersih dari kuman meski di toko pun sudah terjamin kebersihannya," kata Jeny.

"Satu yang terpenting juga adalah kami mengharuskan konsumen masuk ke toko menggunakan masker. Tidak ada alasan masker dicopot saat ada di toko atau butik. Ini menjamin juga toko tidak jadi kluster Covid-19 akibat percikan droplet yang mungkin menempel di area toko akibat lepas masker," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini