4 Manfaat Makanan Pedas untuk Tubuh, Bisa Redakan Nyeri Lho

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 298 2404879 4-manfaat-makanan-pedas-untuk-tubuh-bisa-redakan-nyeri-lho-4GyR3Padzl.jpg Ilustrasi makanan pedas. (Foto: Jcomp/Freepik)

MAKANAN pedas memang menggugah selera. Sensasi pedas inilah yang banyak diminati oleh orang-orang. Tetapi ternyata makanan pedas bukan hanya nikmat untuk dimakan, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat makanan pedas itu? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman Pennmedicine, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Enggak Cuma Pedas, Wasabi Juga Punya 6 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh 

1. Menjaga kesehatan jantung

Memakan cabai merah terbukti memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh obesitas. Kandungan capsaisin pada makanan pedas dapat membantu melawannya.

Ilustrasi makanan pedas.

2. Menurunkan berat badan dan menjaga metabolisme tubuh

Kandungan capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini dapat membantu membakar lebih banyak kalori, baik saat istirahat maupun selama berolahraga. Dengan mengonsumsi makanan pedas, bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Dengan tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi dan dengan asupan kalori yang cukup.

3. Sebagai pereda nyeri

Sensasi terbakar saat mengonsumsi makanan pedas inilah yang dapat dijadikan sebagai pereda nyeri. Saat digunakan sebagai lotion atau krim topikal lainnya, capsaicin menyebabkan sedikit rasa panas, perih, dan gatal. Menurut ahli, seiring waktu saraf di tangan dan kaki akan terbiasa dengan lotion dan akan memiliki kemampuan yang lebih rendah untuk memproses rasa sakit. Ini dapat membantu mengatasi kondisi seperti artritis dan cedera.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Pedas Ternyata Picu Insomnia 

4. Menenangkan usus dan menjaga tetap sehat

Manfaat capsaicin dapat menciptakan bahan kimia yang disebut anandamide. Anandamide telah terbukti mengurangi peradangan di usus, yang dapat disebabkan oleh kondisi seperti kolitis ulserativa dan penyakit crohn. Hal menarik lainnya bahwa capsaicin dapat membuat bebas tumor. Bagi orang yang berisiko tunggu dan orang dengan keluarga beriwayat pribadi tumor. Hal ini tetap harus diperhatikan dengan makanan sehat. Tapi tidak boleh digunakan berlebihan, karena dapat meningkatkan asam lambung.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini