Berkaca dari Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Ikuti 6 Tips Belanja Aman Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404588 berkaca-dari-kerumunan-di-pasar-tanah-abang-ikuti-6-tips-belanja-aman-ini-EfVAYXfALq.jpg Kerumunan di Pasar Tanah Abang. (Foto: Okezone)

JELANG Idul Fitri 1442 Hijriah, masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang berbelanja kebutuhan hari raya. Tidak hanya makanan dan minuman, tapi juga berbelanja busana Lebaran. Hal ini bisa dilihat dari berita orang-orang berkerumun belanja di Pasar Tanah Abang beberapa waktu belakangan.

Meski Lebaran makin dekat, patut diingat bahwa sekarang masih di tengah pandemi covid-19. Aktivitas berbelanja harus dilakukan dengan protokol kesehatan sangat ketat agar tetap aman. Mulai memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Baca juga: Belajar dari Kerumunan Pasar Tanah Abang, Jangan Sampai Jadi seperti India 

Tapi protokol kesehatan 3M saja tidaklah cukup, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan supaya bisa berbelanja aman di tengah pandemi covid-19.

Merangkum dari laman USA Today dan Business Today, Senin (3/5/2021), berikut ulasan singkat tips berbelanja aman saat pandemi covid-19.

Sepekan Jelang Lebaran, Pusat Grosir Tanah Abang Dipadati Pengunjung

1. Kenali risiko

Dilema saat belanja baju, apakah sebaiknya dicoba dahulu seperti biasa atau tidak? Para ahli mengatakan untuk hal ini maka setiap orang harus mengenali dan memahami risikoya sendiri. Guna mengurangi risiko tersebut, disarankan selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah mencoba pakaian, atau bisa juga menggunakan sarung tangan jika memang benar-benar khawatir. Hindari mencoba produk apa pun yang mendekati wajah, contohnya syal atau kacamata.

2. Bawa healthy kit

Meski toko-toko kini menyediakan banyak hand sanitizer, disarankan lebih baik selalu membawa healthy kit pribadi sendiri seperti hand sanitizer dan tisu basah antiseptik. Tangan pun bisa selalu bersih, dan siaga untuk membersihkan titik-titik rawan di ruang ganti baju, misalnya gagang pintu, cermin, tarikan rak, dan sebagainya sebelum disentuh.

Baca juga: Anies: Mulai Hari Ini Pengendalian Pengunjung di Seluruh Pasar Diperketat! 

3. Sanitasi baju baru

Berdasarkan rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, usai membeli baju baru memang tidak perlu sanitasi khusus pakaian agar aman. Namun jika khawatir, pakaian bisa dijemur di luar selama 3 hari, lalu cuci seperti biasa untuk menghilangkan bahan kimia dan kotoran lainnya.

4. Hindari ruang sempit dan tertutup

Saat berbelanja, disarankan menghindari tempat-tempat sempit tertutup yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Mengingat, beberapa studi menunjukkan virus corona bisa bersifat airborne (mengambang di udara) selama beberapa jam. Kurangi risiko dengan sebisa mungkin memilih belanja di area ruang terbuka yang tidak terlalu padat kerumunan orang sehingga bisa menjaga jarak fisik dengan pengunjung lainnya.

Baca juga: 670 Personel Gabungan Dikerahkan Antisipasi Kerumunan di Pasar Tanah Abang 

5. Buat daftar belanjaan

Siapkan daftar barang belanjaan apa saja yang hendak dibeli. Selain lebih memudahkan saat belanja, membawa daftar belanjaan akan membuat waktunya jadi bisa lebih efektif. Anda tidak perlu berlama-lama bertemu banyak orang di banyak tempat.

6. Hindari pembayaran tunai

Transaksi pembayaran menjadi salah satu aktivitas paling rentan ketika pandemi covid-19. Bukan hanya karena jarak konsumen dan kasir, tapi juga arus pertukaran resi belanja dan uang tunai yang bisa meningkatkan kemungkinan penyebaran virus (perpindahan dari tangan ke tangan). Kurangi risiko ini dengan cara menggunakan pembayaran digital lewat e-wallet, tidak menyimpan resi belanjaan, atau melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau debit agar tak perlu menyentuh lembaran uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini