Supaya Puasa Lancar, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404712 supaya-puasa-lancar-konsumsi-makanan-ini-saat-sahur-dan-berbuka-vXuG3P5Qom.jpg Kurma salah satu makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa. (Foto: Rawpixel/Freepik)

MASYARAKAT tetap beraktivitas seperti biasa meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Terlebih lagi tahun ini bulan puasa masih dalam kondisi pandemi covid-19. Artinya, semua orang harus pintar memilih asupan makanan dan minuman agar kesehatan tetap terjaga dengan baik saat puasa.

Tapi sebagian orang masih bingung apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat waktu sahur dan berbuka puasa.

Mengutip dari laman British Nutrition Foundation, Senin (3/5/2021), berikut deretan makanan dan minuman sehat yang bagus dikonsumsi saat waktu sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Cerita Jerome Polin Buka Puasa di Jepang, Tetap Buat Takjil Es Buah 

Sahur

Untuk santap sahur, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi dan jangan sampai kurang minum air mineral. Bisa juga dibantu dengan konsumsi makanan kaya cairan agar bisa tetap terhidrasi seharian.

Pilih makanan bertepung untuk energi, pilih yang jenis serat tinggi atau biji-bijian karena membantu perut merasa kenyang lebih lama sekaligus membantu pencernaan, membantu mencegah sembelit. Misalnya sebagai berikut:

Oatmeal

1. Oat

Oat bisa dijadikan bubur dengan tambahan susu, yoghurt, air hangat. Bisa juga dibuat menjadi overnight oats dengan topping buah-buahan kering atau kacang-kacangan.

2. Sereal sarapan berserat tinggi

Sereal mengandung banyak serat dan diperkaya vitamin serta mineral. Dikonsumsi bersama susu, maka bisa mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium, dan vitamin B dari susu tersebut.

3. Makanan bertepung

Nasi boleh juga disantap sebagai menu sahur, lalu bisa mencoba puding nasi dengan buah-buahan atau bereksperimen dengan biji-bijian lain dengan susu atau buah-buahan. Jika mengonsumsi hidangan gurih saat sahur, sebaiknya dibuat jangan terlalu asin karena bisa membuat justru jadi sangat haus saat berpuasa.

Baca juga: 4 Cara Paling Tepat Habiskan THR, Beli Baju Baru Salah Satunya 

4. Yoghurt

Yoghurt disebut bisa jadi makanan baik untuk sahur karena memberikan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium, vitamin B, dan mengandung cairan.

5. Roti

Pilih roti gandum utuh karena memberikan lebih banyak serat. Hindari menggabungkan roti dengan makanan asin seperti keju (hard cheese) atau daging yang diawetkan. Coba kombinasikan bersama selai kacang tanpa tambahan garam, soft cheese, atau pisang. Tapi ingat, karena roti pada dasarnya adalah makanan kering, pastikan minum banyak air atau cairan lain saat sahur dengan roti.

Buka Puasa

Ketika berbuka puasa disarankan banyak minum dan mengonsumsi makanan kaya cairan yang rendah lemak serta mengandung beberapa gula alami untuk energi. Contohnya berikut ini:

1. Minuman sehat

Air mineral, susu, jus buah, atau smoothies baik untuk menghidrasi tubuh tapi harus tanpa kalori ekstra atau gula tambahan. Minuman berbahan dasar susu serta buah-buahan memberikan beberapa gula dan nutrisi alami.

2. Kurma

Kurma makanan yang disunahkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai sajian berbuka puasa. Kurma adalah pilihan baik untuk berbuka puasa karena memiliki kandungan gula alami untuk energi, mineral seperti kalium, tembaga, dan mangan yang merupakan sumber serat. Selain kurma, bisa juga konsumsi buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis, atau plum yang juga mengandung serat serta nutrisi.

Kurma. (Foto: Freepik)

Baca juga: Puasa Bikin Anda Cepat Ngantuk? Ternyata Ini Penyebabnya 

3. Sup

Sup disebut sebagai sajian ringan untuk berbuka puasa dan memberikan cairan untuk tubuh. Sebagai sajian berbuka, bisa konsumsi sup tradisional yang dibuat dari kaldu daging dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.

4. Sup nutrisi dan energi

Untuk makanan berat, seimbangkan piring makan dengan memasukkan biji-bijian, buah, dan sayuran. Lalu bisa juga makanan olahan susu dan makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Contohnya bisa dengan kari dengan daging ikan, daging sapi, sayuran, serta kacang-kacangan kemudian disantap bersama nasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini