Mau Divaksin saat Ramadhan? Tenang Vaksin Covid-19 Tak Batalkan Puasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404742 mau-divaksin-saat-ramadhan-tenang-vaksin-covid-19-tak-batalkan-puasa-9WkrRuYdyI.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: John hopkins medicine)

Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sama seperti tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini terasa berbeda karena bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah tengah melangsungkan vaksinasi Covid-19 secara bertahap kepada seluruh masyarakat. Lantas apakah melakukan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa?

 Divaksin Covid-19

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa no. 13/2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Asas keselamatan menjadi keutamaan dari fatwa yang diputuskan oleh MUI. Oleh sebab itu fatwa tersebut menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 secara umum tidak membatalkan puasa seseorang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin divaksin Covid-19 saat sedang berpuasa, jangan merasa takut. Sebab vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa Anda.

“Vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa dan hukumnya boleh dilakukan sepanjang tidak sebabkan bahaya (dlarar),” tulis unggahan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini