Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Perhatikan 2 Hal Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404751 vaksinasi-covid-19-di-bulan-puasa-perhatikan-2-hal-ini-6ywItYXkZR.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Keseriusan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 sangatlah besar. Terbukti dari upaya pemerintah dalam memastikan suplai vaksin yang tersedia bagi masyarakat serta program vaksinasi yang terus berjalan selama bulan Ramadhan.

Merangkum dari Instagarm resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Senin (3/5/2021), vaksinasi masih tetap berjalan selama bulan puasa. Hal ini berkaitan dengan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan vaksin tidak membatalkan puasa.

Vaksin Covid-19

Baca Juga : Punya Risiko Tinggi Tularkan Covid-19, Waspadai Klaster Alat Swab Bekas

Baca Juga :Pentingnya Menutup Tutup Toilet Sebelum Menyiram di Tengah Pandemi Covid-19

Saat ini vaksinasi Covid-19 masih diprioritaskan kepada para lanjut usia (lansia) sebagai kelompok rentan yang berisiko tinggi terinfeksi. Meski dijamin tidak membatalkan puasa, namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan jika hendak melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan.

“Yang penting sebelum melakukan vaksinasi Covid-19, ada dua hal yang harus diperhatikan, yakni istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ketika sahur,” tulis unggahan tersebut.

Dua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan sebab akan membuat tubuh dalam kondisi sehat ketika diberikan vaksin. Selain itu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini