Dokter Ungkap Pentingnya Vitamin C di Tengah Pandemi Covid-19

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404786 dokter-ungkap-pentingnya-vitamin-c-di-tengah-pandemi-covid-19-rixSMVKabd.jpg Ilustrasi sumber vitamin C. (Foto: Silviarita/Pixabay)

PANDEMI covid-19 memberikan banyak perubahan bagi semua orang. Salah satunya pola hidup menjadi lebih sehat agar terhindar dari penyakit menular tersebut.

Pandemi covid-19 tanpa disadari telah meningkatkan kebutuhan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Caranya dengan menjaga kesehatan dan memerhatikan kecukupan asupan vitamin.

Baca juga: Sayuran Sumber Vitamin C Mudah Rusak, Ini Cara Mengolahnya yang Benar 

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah riset bahwa 54 persen dari responden menunjukkan preferensi yang lebih tinggi untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen setelah pandemi terjadi.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Salah satu vitamin yang direkomendasikan adalah vitamin C. Hal itu diungkapkan dokter spesialis gizi klinik Dr dr Inge Permadhi MS SpGK(K) yang mengatakan bahwa vitamin C penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Vitamin C merupakan zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya adalah sebagai antioksidan yang dapat mendukung fungsi sel imun dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi," jelas dr Inge dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Ini Dia Trik Ampuh Sandra Dewi Terhindar dari Sakit Flu dan Sariawan 

Dia menjelaskan, vitamin C tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan, khususnya dari sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi. Selain itu, sambung dia, vitamin C juga tidak dapat disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu lama karena ini merupakan vitamin yang larut dalam air.

"Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang tepat dan baik, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setiap orang," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini