Tips Aman Terhindar dari Covid-19 saat Buka Puasa Bersama di Kantor

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404818 tips-aman-terhindar-dari-covid-19-saat-buka-puasa-bersama-di-kantor-nSBMEbpJxZ.jpg Ilustrasi buka puasa bersama di kantor. (Foto: Freepik)

BUKA puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam saat bulan Ramadhan. Namun sebagian orang harus buka puasa di tempat kerja atau kantor karena terkendala masih banyaknya pekerjaan.

Akan tetapi, perkantoran harus menjadi salah satu area yang diperhatikan secara ketat, karena khawatir kembali menciptakan klaster baru penularan covid-19.

Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Bisa ikuti tips aman terhindar dari covid-19 berikut ini, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Senin (3/4/2021).

Baca juga: Yuk Rajin-Rajin Memberi Makanan Buka Puasa, Ini Keutamaannya 

1. Pastikan lokasinya bersih

Pastikan tempat di mana Anda bekerja tetap bersih. Misalnya, permukaan meja kantor yang cukup rentan menjadi sarang penyakit. Oleh karena itu, bersihkan lebih dulu atau semprot dengan disinfektan agar steril dari virus sebelum menaruh makanan dan minuman di atasnya.

Ilustrasi kurma hidangan buka puasa. (Foto: Freepik)

2. Cuci tangan lebih dulu

Selanjutnya sebelum Anda menyantap aneka takjil untuk berbuka puasa, pastikan tangan selalu bersih. Caranya cuci tangan lebih dulu dengan sabun dan air. Kemudian setelah itu bisa menggunakan hand sanitizer untuk menghilangkan kuman yang dirasa masih menempel di tangan.

3. Jangan berkerumun

Berbuka puasa di kantor memang paling nikmat menyantap hidangan bersama rekan-rekan kerja. Tapi perlu diingat, jangan menimbulkan kerumunan saat melakukannya. Tetap menjaga jarak aman.

Baca juga: Buka Puasa Memang Cocok Makan Kurma, 5 Manfaat Ini Bakal Didapat 

Sementara itu dikutip dari unggahan akun Instagram @kemenag_ri, pelaksanaan buka puasa bersama harus mematuhi ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan atas SE Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1422 Hijriah.

"Kegiatan buka puasa bersama yang tetap dilaksanakan harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini