Pandemi Covid-19, Kapan Anak Bisa Diimunisasi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 481 2404982 pandemi-covid-19-kapan-anak-bisa-diimunisasi-vQw6NMpaod.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air memang membuat masyarakat menjadi takut dan khawatir untuk beraktivitas di luar rumah. Meski demikian, imunisasi pada anak adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para orangtua untuk buah hatinya.

Imunisasi lengkap akan melindungi anak dari berbagai penyakit. Imunisasi juga bisa mengurangi risiko kematian pada anak. Lantas kapan seorang anak bisa mendapatkan imunisasi secara lengkap?

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Senin (3/5/2021), agar seorang anak terlindungi dengan baik, maka diperlukan imunisasi dasar secara lengkap. Berikut usia yang layak bagi anak untuk mendapatkan imunisasi.

Imunisasi

1. Bayi usia 0-11 bulan sudah bisa mendapatkan imunisasi dasar seperti:

HB 0 1 dosis

BCG 1 dosis

DPT-HB-HiB 3 dosis

Polio tetes (OPV) 4 dosis

Polio suntik (IPV) 1 dosis

Campak Rubella 1 dosis

Imunisasi

2. Anak usia 18-24 tahun sudah bisa mendapatkan imunisasi lanjutan seperti:

DPT-HB-HiB 1 dosis

Campak Rubella 1 dosis

3. Anak sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah sudah mendapatkan imunisasi lanjutan seperti:

Campak Rubella dan DT pada anak kelas 1 SD atau MI

Td pada kelas 2 dan 5 SD atau MI

“Imunisasi dasar lengkap saja belum cukup memberikan perlindungan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Karena beberapa antigen memerlukan booster atau pemberian dosis lanjutan pada usia 18 bulan, usia anak sekolah di Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Wanita Usia Subur (WUS),” tulis unggahan tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini